Rabu, 24 April 2013

MISTERI PERADABAN NUSANTARA YANG TAK TERJAWAB


Quetzalcoatl: sejenis makluk dari tamadun Maya berbentuk Naga yang bersayap. Tahukan anda yang Naga Melayu juga bersayap?
 

Tahukah anda bahawa tamadun Melayu Nusantara (Austronesia) menyimpan rahsia khazanah dunia yang masih tidak terungkai hingga sekarang? Bagi yang sering membaca ATBM tulisan Srikandi pasti sudah mengerti serba sedikit tentang perkara ini. Bagi yang baru menyelami alam sejarah purba umat Melayu dan konspirasi sudah tentu menggaru-garu kepala lutut...:). Ramai para pengkaji khususnya dari INDONESIA ( saja tulis besar-besar supaya tiada lagi pengomen dari seberang yg kata saya  pencuri!) yang menyatakan bahawa Nusantara adalah pusat peradaban dunia yang terawal sekali. namun saya kurang setuju dengan hal ini kerana sebagai seorang islam kita tahu bahawa tamadun terawal yakni tamadun Nabi Adam a.s bermula di timur tengah atau tepatnya di makkah. namun sedikit demi sedikit tamadun ini bergerak ke Nusantara dengan perpindahan dan perpecahan anak cucu Adam sehinggalah membentuk Tamadun kuno Nusantara yang sehingga kini masih diselubungi misteri.
 

Saya yakin anda sekalian akan  kagum dengan pencapaian yang pernah ditorehkan oleh para leluhur kita.  sejarah gemilang ini dibentangkan atau disiapkan oleh leluhur kita dalam pelbagai bentuk antaranya ialah bangunan-bangunan batu yang megah, piramid yang misteri serta batu-batu bersurat dan amalan serta paraktis kebudayaan yang amat menakjubkan. Diantara misteri-misteri yang akan  cuba dibincangkan jikalaupun tidak mampu untuk kita rungkai sekaligus adalah mengenai Candi-candi pelik yang terdapat di pulau Jawa seperti Candi Penataran misalannya.

Misteri senibina Candi Penataran

Ketika Eropa masih berada di zaman kegelapan, ternyata leluhur kita  telah berhasil membangunkan sebuah binaan seperti  Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Candi Penataran. Sebuah karya agung yang sangat rumit jika dipandang dari keindahan seninya, mahupun tingkatan kesulitan pembuatannya. Siapa yang boleh tunjukkan saya ada bangunan di peradaban lain yang lebih indah dengan detail yang rumit di abad itu, sila angkat kaki:)? 

Candi Penataran

Candi Panataran dijumpai pada tahun 1815, tetapi sehingga tahun 1850 ia masih  belum diketahui umum. Penemunya adalah Sir Thomas Stamford Raffles (1781-1826. Raffles bersama-sama dengan Dr.Horsfield seorang ahli Geografi mengadakan kunjungan ke Candi Panataran, dan hasil kunjunganya dibukukan dalam buku yang berjudul “History of Java”yang terbit dalam dua jilid. Jejak Raffles ini di kemudian diikuti oleh para pengkaji lain yaitu : J.Crawfurd seorang pembantu residen di Yogyakarta, selanjutnya Van Meeteren Brouwer (1828), Junghun (1884), Jonathan Rigg (1848) dan N.W. Hoepermans yang pada tahun 1886 mengadakan inventori di kompleks Panataran.

Komplek Candi Penataran


Candi Penataran adalah kompleks candi terbesar dan paling terpulihara  di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Candi ini merupakan candi yang kaya dengan berbagai macam corak relief, arca, dan struktur bangunan yang bergaya Hindu. Terdapat pahatan Kala (raksasa gigi menyeringai), arca Ganesha (dewa ilmu pengetahuan dalam mitologi Hindu), arca Dwarapala (patung raksasa penjaga pintu gerbang), dan juga relief Ramayana adalah bukti bahwa Candi Penataran adalah candi Hindu.
Prasasti Palah yang terdapat di kawasan Candi Penataran menyatakan  bahawa candi ini mulai dibina sekitar tahun 1194, pada masa pemerintahan raja Sirenggra yang memerintah kerajaan Kadiri, dan selesai pada zaman kerajaan Majapahit.


Misteri relief di candi Penataran

Keunikan arkitektur bangunan candi yang ada di Nusanatara, khususnya di pulau Jawa adalah bukti akan kehebatan nenek moyang bangsa Melayu Nusantara. Sistem pertanian yang canggih telah ada sejak dahulu kala. Itu belum lagi ditinjau dari kekayaan hasil perlombongannya. Karya agung seperti candi lengkap dengan arca dan reliefnya hanya dapat dihasilkan oleh sebuah bangsa dengan kebudayaan yang tinggi. Dan bangsa dengan kebudayaan yang tinggi  sudah pasti memiliki kekuatan militeri yang unggul.Mari kita perhatikan relief yang terdapat di Candi Penataran ini. Ada sebuah pertempuran diantara pasukan yang boleh digambarkan berasal dari bangsa Nusantara, dan yang satu lagi adalah pasukan yang berpakaian mirip dengan bangsa Amerika, seperti  bangsa-bangsa Aztec dan Maya.



Tidak percaya? Baiklah. Sekarang cuba kita bandingkan pakaian  pasukan yang mirip orang Amerika tersebut dengan gaya pakaian  orang-orang suku Aztec dan Maya yang berasal dari benua Amerika.


Apakah kemiripan ini hanyalah kebetulan? Baiklah. Mari kita tengok detail dari relief ini. Silakan perhatikan baik-baik pahatan yang dilingkar merah.

 Apakah benda yang terpahat bercabang tiga tersebut? Ya!! ia  menyerupai tanaman kaktus. Bandingkan dengan foto tanaman kaktus di sebelahnya. Mirip bukan? Masalahnya, kaktus berasal dari mana ya? Adakah di wilayah Nusantara pada waktu itu telah ada tanaman kaktus? Jawabnya tidak! Tanaman kaktus hanya ada di benua Amerika! Masih berfikir bahwa itu hanyalah kebetulan yang dibuat-buat? Mari kita lihat foto-foto di bawah!

Lihat relief wajah makhluk dengan lidah menjulur yang ada di Candi Penataran! Bandingkan dengan arca kepala dan lidah menjulur yang ada di Tlaltechutli, Mexico City! Adakah wujud persamaan di sana? Bandingkan juga dengan topeng Rangda ala Bali.Masih kurang yakin? Nah, gambar di bawah ini boleh membungkam ketidakyakinan orang-orang kita yang sangat skeptis ni. Perhatikan kedua gambar di bawah .


Foto di sebelah kiri adalah arca Dwarapala (raksasa penjaga pintu gerbang) yang berada di Candi Penataran. Akan tetapi di manakah asal usul “arca Dwarapala” pada foto sebelah kanan? Jawabnya terletak di kompleks kuil Chichen Itza peninggalan suku Maya, yang sekarang terletak di semenanjung Yucatan, Amerika Tengah. Bukankah foto ini menunjukkan kesamaan yang luar biasa hebat?Bukti lainnya ada di foto-foto berikut.


Foto pertama adalah “piramid” yang terdapat di Candi Sukuh yang terletak di desa Karanganyar, kabupaten Surakarta, Jawa Tengah. Foto disebelah adalah piramid suku Aztec yang terdapat di Tenochtitlan, Mexico. Ini menunjukkan adanya kaitan  antara kedua peradaban tersebut. Selain itu masih banyak relief lain di Candi Penataran yang menggambarkan orang-orang yang “diduga” berasal dari peradaban bangsa lain.


Sangat banyak relief yang menunjukkan bangsa asing yang terpahat disana. Pahatan-pahatan  tersebut selalu digambarkan sebagai sebuah bangsa yang  seolah-olah takluk kepada satu bangsa lain yang lebih berkuasa di Candi Penataran.Sayangnya sebahagian relief ada yang sudah rosak, namun untungnya beberapa bahagian masih dapat dikaji.
 

 Pada relief dibawah ini terlihat ada tiga orang di belakang orang yang sedang duduk, dan di depannya ada dua orang yang sedang menyembah. Kalau diperhatikan dengan jelas, orang yang paling kiri seperti orang yang berpakaian dari suku bangsa Han , kemdian di depannya mirip orang yang tergambar di Angkor wat [orng mon khmer], dan di depannya  mirip orang dari tamadun Maya, Inca atau Copan yang berasal dari Amerika Latin. Sedangkan salah satu yang berkupiah di depan [paling kanan sekali] seorang yang bertutup kepala seperti orang semitik atau juga Assyrian. Dari gambar ini kita boleh perkirakan bahawa yang disembah adalah yang duduk di tengah dan tiga orang yang berdiri di belakang yang duduk adalah pengawalnya.

Dari gambar di bawah, terlihat ada dua relief yang memperlihatkan seseorang yang  memakai songkok . Pakaian seperti ini boleh kita temui di daerah Turki, India hingga  Pakistan.


Pada relief di bawah terlihat tiga orang yang bukan berpakaian ala kerajaan kita, posisi mereka menyembah dan duduk di bawah, sekilas pandang seperti cara berpakaiannya  orang Mesir kuno.

Siapakah mereka dan apa mereka buat di sini? Setelah diamati dengan lebih jelas, relief tersebut dipercayai adalah gambaran dari tiga orang wanita. Perkiraan ini adalah karana  dalam relief tersebut tidak berjanggut.Kalau dianggap wanita Jepung ataupun Korea ada ketidaksamaan yang terletak di model  rambut dan jika dikatakan mirip serban dari India, maka biasanya yang menggunakan adalah laki-laki yang selalu digambarkan berjanggut.Pelik bukan releif ini. Namun apa yang pasti tidak ada mana-mana suku kaum di Nusantara terutama kaum Melayu yang berpakaian begitu.

Dari ketiga gambar di atas hampir mirip dengan relief-relief yang ada di candi Penataran. Jadi dapat diperkirakan bahawa relief itu berkemungkinan besar adalah  wanita Mesir.

Pada relief-relief yang berada di tingkat dua bangunan Sitihinggil yang ada di Candi Penataran sangat jelas menunjukkan diorama penaklukan suatu bangsa yang mirip dengan bangsa Indian Amerika.
Dapat dilihat bahawa leluhur Nusantara berhasil mengambil alih salah satu kereta berkuda dan memanah ke arah lawan. Namun peliknya Orang Amerika tidak ada kereta kuda kerana teknologi roda tidak wujud di sana sehinggalah kedatangan Sepanyol. Jadi puak apakah yang mirip dengan orang Indian tersebut?
Relief ini dikatakan menggambarkan bahawa leluhur Nusantara berhasil menusuk panglima dari bangsa Indian di benua Amerika. Mungkinkah kereta kuda itu kepunyaan leluhur kita yang dibawa ke sana?
 
Menurut pemerhatian pengkaji Indonesia relief ini menunjukkan bala bantuan Indian terburu-buru dan berlari menuju ke medan perang. Alasannya adalah terlihat cara mereka berpakain adalah seperti orang Indian terutama pada head gear mereka.
Dalam releif ini terdapat pasukan gajah perang dalam gerombolan tentera yang dikatakan sebagai Indian tersebut. Persoalannya adakah ianya betul-betul tentera Indian kerana Gajah tidak wujud di Amerika selepas kepupusan Mammoth beribu tahun dahulu. Mungkin juga releif yang dikatakan sebagai orang Indian ini adalah orang dari suku Mon Khmer kerana kita dapat lihat head gear yang sama pada releif di angkor wat. Mungkin peperangan ini adalah diantara Kemboja dan Jawa? Namun apa yang masih menjadi misteri adalah sememangnya terdapat sebuah releif malahan patung berbentuk gajah moden di Copan Amerika selatan tempat lahirnya tamadun Mayan Copan yang misteri ini. Jadi adakah berkemungkinan leluhur kita pernah sampai ke Copan dan memperkenalkan gajah kepada mereka? wallah hua'lam.

Relief Gajah yang terdapat di Candi Penataran
Relief dan gambar Gajah di atas terdapat di daerah Copan – Honduras yang sejenis dengan yang digambarkan leluhur kita di Candi Penataran; menurut para ahli di Amerika, gajah sudah pupus 6500 tahun yang lalu.

Pertanyaannya adalah: “Adakah leluhur kita sudah mempunyai peradaban pada 6500 tahun yang lalu?”. Menurut saya ianya tidak mustahil,  bahkan mungkin lebih tua dari itu.
Relief  prajurit dari benua Amerika yang terdapat di Candi Penataran. Cara berpakaian mereka tak ubah seperti cara pakaian tentera Mayan.
Patung bangsa Maya dari Kerajaan Copan yang sekarang terletak di Honduras.
 







Pada relief dibawah kita juga dapat melihat satu manusia yang bertutup kepala tapi tidak menunjukkan berasal dari Nusantara. Mungkin ini raja bangsa Indian?





Bukti-bukti awal dari misteri yang ada di Candi Cetho, Candi Sukuh dan Candi Penataran ini sejajar dengan teori-teori yang dinyatakan oleh Profesor Arysio Nunes dos Santos dari Brazil yang menyatakan bahwa Atlantis itu benar-benar ada, dan berada di Nusantara. Prof. Arysio Nunes dos Santos, seorang geologis dan Ahli fizik nuklear telah menghabiskan waktu selama 30 tahun untuk membuktikan dari catatan Plato tentang keberadaan peradaban Atlantis,semua hasil penelitiannya mengarah ke Nusantara, sebagai anak bangsa Melayu Nusantara adakah kita hanya boleh diamkan diri tanpa mengkaji hasil pengkajian kelas dunia tersebut ?

 
Setelah mengamati penjelasan diatas, apakah benar bahwa leluhur Nusantara pernah berhubung dengan bangsa-bangsa di seantero dunia? Kemudian apakah leluhur Nusantara berhasil menapakkan kaki  di benua Amerika atau bangsa Amerika yang pernah mengunjungi Nusantara? Faktanya adalah tidak pernah ada catatan sejarah yang menjelaskan bahwa bangsa Amerika memiliki tradisi maritim yang hebat. Sebaliknya, leluhur Nusantara adalah pelaut-pelaut ulung. ini belum lagi saya bincangkan mengenai persamaan dari segi Budaya Naga dalam masyarakat nusantara dengan masayarakat aztec dan Maya di amerika selatan. Malahan dari sudut bahasa sekalipun ada diantara bahasa purba Aztec dan Maya yang mempunyai persamaan dengan bahasa Melayu sebagai contoh perkataan Tanah bagi orang Maya adalah bermaksud kawasan atau jajahan, ianya ada persaman dengan bahasa Melayu bukan? Oleh itu saya tinggalkan topik ini untuk anda fikir-fikirkan. sekian Wallah hua'lam.




kredit: Bayt al-Hikmah Institute Indonesia.
           Atlantis Sunda Land Holistic-Scientific Research Institute.

 
 
 

270 ulasan:

  1. Terima kasih kerana tak jemu-jemu mencari khazanah bangsa yang hilang...

    Boleh beritahu tajuk buku di mana gambar-gambar di atas dipetik?

    Bukan apa, kalau ada masa lapang nanti nak juga baca buku itu.

    BalasPadam
  2. Saya pun dah lama fikir kaitan tamadun amerika selatan dengan Nusantara.

    Artikel ini benar2 memberi pencerahan yang mendalam ,terima kasih

    BalasPadam
  3. adakah anda pasti tamadun terawal yakni tamadun Nabi Adam a.s bermula di timur tengah?

    BalasPadam
  4. Assalamualaikum,

    Ya, memang hampir sama dengan relief di Aztec. Jangan Lupa, Aztec pernah berkata mereka berasal dari Aztlan, namun selepas banjir besar, mereka melarikan diri dan membina peradaban di hutan2 belantara Amerika latin bukannya di tepi laut.

    Kerana mereka takut banjir besar kembali lagi. Satu lagi, mereka membina peradaban di hutan kerana mereka kata mereka berasal dari kawasan hutan hujan tropika di mana Aztlan kawasan mereka mempunyai hutan yang tebal.

    Alangkah baiknya, Kerajaan sedia ada, buat satu suruhanjaya untuk membuat ekspedisi dan mengkaji asal usul bangsa. Insyallah, bangsa kita x terikut dgn bangsa lain lagi.

    Insyallah semua berbaju melayu dan mengamalkan ajaran islam yang sebenar. Amin

    BalasPadam
  5. Salam,
    Buat perbandingan DNA ..
    Keputusannya...
    cp...

    BalasPadam
  6. Mohon untuk sertakan bersama sumber rujukan dalam setiap artikel anda, supaya dapat dirujuk sendiri oleh pembaca, serta untuk menjadikan dan menampakkan setiap artikel anda lebih berbentuk ilmiah. Terima kasih.

    BalasPadam
    Balasan
    1. Buku karya prof santos, atlantis the lost continent dan buku karya prof oppenheimer, eden in the east, trims.

      Padam
  7. itu di pulau jawa.di semenanjung tanah melayu apa pula yg ada??

    BalasPadam
  8. KEPADA ORANGLIDI;

    ini dia antara sumber yg saya petik

    1.ahmad y. samantho, peradaban atlantis nusantara...

    2.prof arysio santos, atlantis the lost continent finally found.

    3. Eden in The East" Karya Stephen Oppenheimer.

    dan beberapa kertas kerta turangga setia dan dari internet.

    BalasPadam
  9. Saya ada terbaca tentang mitos salah satu puak di Amerika Selatan (Maya/Aztek) tentang kedatangan sekumpulan orang asing ke tanah mereka dari laut dan mengajar nenek moyang pelbagai ilmu pengetahuan termasuk cara membina tamadun. Orang asing itu disimbolkan sebagai ular yang bijaksana.

    -staff

    BalasPadam
    Balasan
    1. DIMANA ANDA TERBACA TU...CER CITER..

      Padam
    2. Maaf mencelah,

      dalam history channel ada...siri 'ancient alien.'

      Padam
    3. Kalau begitu orang melayu ni bangs a yg he bat LA

      Padam
    4. bangsa yang hebat atau tidak lihat aja kedudukan bangsa itu sendiri sekarang.hahaha

      Padam
  10. salam,

    sedari kecil lg saya selalu perhatikan amalan bertatu org2 iban dgn tatu org2 asli amerika latin. juga amalan bersewang dan sebagainya. Dari situ dh ada tanda2 persamaan. Dari situ dah mula terdetik rasa apakah mereka ini pernah berhubung satu masa dulu? Bila melihatkan angkor wat, candi prambanan, gunung lelukon dan beberapa tmpt lain lagi di asia tenggara, terus terdetik untuk mencari kesamaan dengan tamadun aztec, mesir, rom dan china. boleh dikatakan memang ada persamaan walaupun sedikit. tp yg hairannya kenapa relief di semenanjung tanah melayu mcm di lembah bujang habis hancur binasa tak mcm relief di tempat lain. apakah ada tangan2 jahat yg cuba memadamkan sasuatu tanpa kita sedari?

    BalasPadam
    Balasan
    1. dibinasakan oleh siapa lagi kalau tidak stamford raffles @ british? mungkin juga british berhasrat utk memusnahkan semua tamadun di nusantara malangnya tanah indonesia bukan jajahan mereka.

      kalau kita teliti stamford raffles serta beberapa tokoh british lagi juga terlibat dalam pencarian tamadun di indonesia. persoalannya kenapa tidak hanya di tanah jajahan mereka sahaja di tanah melayu. cuba lihat pula kesan2 tamadun di siam mahupun kampuchea. sejauh manakah british terlibat?

      Padam
  11. baca pesanan Umat Terakhir

    Nota Panel: Untuk kali ini, buatlah kerana Allah

    http://umat-akhir.blogspot.com/2013/04/nota-panel-untuk-kali-ini-buatlah.html

    -posman-

    BalasPadam
  12. Ulasan ini telah dialihkan keluar oleh pengarang.

    BalasPadam
  13. Assalamualaikum,

    Saudara Al-Semantani,
    Boleh Saya Bagi Link Download Cerita Tentang Candi-candi Ini. Harap Tuan Perkenan.

    Ini Bukan Kerja Saya Namun Ini Kerja Ahli Arkeologi Indonesia

    Download Link:
    http://www.mediafire.com/?5z12odqg3tfveae

    BalasPadam
  14. yup saya dah tengok video tu...

    BalasPadam
    Balasan
    1. saya ingat video kat youtube tu...pdf rupanya. ya sebahagiannya saya dah baca...

      Padam
    2. dan memang sebahagiannya pun saya ambil dari situ...tetapi saya sempat bertanya dengan salah seorang ahli Team turangga seta melalui email. dia menyambut baik usaha kita bangsa serumpun untuk membongkar sejarah nusantara ni.

      Padam
    3. tahniah dalam usaha mamartabatkan bangsa melayu...kerja yang bagus dan banyak memberikan pelajaran yang berguna pada saya...

      Padam
    4. MARTABATKAN ISLAM BUKAN BANGSA

      Padam
    5. Ini lagi satu spesis manusia yang hidup terkurung dan terperangkap pada tafsiran sendiri.

      Kajilah sendiri, Islam mengajarkan umatnya bahawa, manusia diturunkan bersuku-suku, supaya kita saling kenal antara satu sama yang lain.

      Jadi bagaimana anda mahu kenal bangsa lain kalau anda sendiri belum kenal dari suku mana anda lahir.

      Islam juga mengajarkan bahawa, tidak ada satu sukupun yang lebih hebat disisi Allah melainkan amalannya. Maksudnya jika mahu jadi Melayu, silalah jadi Melayu, tak perlu tiru bangsa lain yang pada pandangan kita 'amat hebat'. Jika anda Cina, teruslah menjadi Cina. tak ada siapapun halangi keinginan anda. Begitulah seterusnya, jadi apa salahnya anak Melayu mengkaji asal usul sendiri?

      Apakah anda hanya mahu tinggal diam tak mahu kaji sejarah, peradaban, salasilah keturunan hinggalah bagaimana keturunan anda memeluk Islam hanya kerana 'tafsiran' yang belum tentu betul itu? Jika iya, anda selamanya akan jadi orang tertinggal, buta geografi dan sains dan tak tahu asal usul dan paling sedih. Tidak ada jatidiri.

      Padam
  15. wow misteri bangsa ini.....

    satu lagi misteri disini

    http://sukaatiaku.blogspot.com/2013/04/tulisan-kunlu-tulisan-melayu.html

    BalasPadam
  16. Berharap.....

    Tidak tertipu dengan RAKSASA yang ADA.....

    RAKSASA juga banyak helahnya.....

    Ketawa AKHIR itulah PEMENANGNYA......

    HUUAARRR..... HAAARRRR..... HAAAAARRRRR......

    BalasPadam
  17. penantian post terbaru akhirnya tercapai haha,thks bro for the info a very good article

    BalasPadam
  18. nampaknya kajian hipotesis oleh ahli sejarah sebelum ini mungkin ada asas.
    umpamanya orang2 red indian dengan dunia melayu dan sebagainya.
    gambaran seolah2 bahawa banyak ketammadunan dunia berpunca dari asia tenggara (atlantis????)

    BalasPadam
  19. persamaan mungkin disebabkan oleh satu susuk tubuh yg mengembara mengikut jalan laut sejak sekian lama.. susuk tubuh ini bergaul dgn manusia setempat dan mengajar mereka membina binaan2 ini. berumur panjang melangkaui generasi.. mengaku tuhan dan berjanji akan kembali.. nauzubillah man from atlantis.

    BalasPadam
  20. Sya pun dh lama perasan tntang persamaan budaya org2 Dayak di kepulauan Borneo
    dgn org2 Asli di pedalaman benua Amerika..penggunaan tatto,ukiran relief pd batu/kayu,
    costume dn cara berhias yg hmpir sama...paling mudah dilihat,org2 tua Dayak suka pakai
    anting2 berat pda cuping telinga mereka hingga cuping tu labuh memanjang ke bawah..
    perkara yg sama juga dilakukan oleh org2Asli benua Amerika ini..

    Persoalannya bagaimana 2 entiti etnik yg mmpunyai budaya yg sama ini boleh berada
    di benua yg berlaian serta beribu2 kilometer jauhnya..?

    BalasPadam
    Balasan
    1. mengapa kamu tidak perasan cucu cicit belanda boleh ada di indonesia sekarang padahal beribu2 kilometer jauhnya hahaha.jawapan nya suda ada.cuma biar aja ianya diantara dayak dan orang asli di benua amerika dan bukannya suku yang lain.budaya ini hanya terhad di kepulauan borneo dan sedikit di pendalaman semenanjung sahaja.sekiranya suku kamu tidak ada persamaan, biarkan saja jangan dikaitkan dengan bangsa lain di nusantara sebab budaya mereka jauh berbeza.

      Padam
  21. Sya pun dh lama perasan tntang persamaan budaya org2 Dayak di kepulauan Borneo
    dgn org2 Asli di pedalaman benua Amerika..penggunaan tatto,ukiran relief pd batu/kayu,
    costume dn cara berhias yg hmpir sama...paling mudah dilihat,org2 tua Dayak suka pakai
    anting2 berat pda cuping telinga mereka hingga cuping tu labuh memanjang ke bawah..
    perkara yg sama juga dilakukan oleh org2Asli benua Amerika ini..

    Persoalannya bagaimana 2 entiti etnik yg mmpunyai budaya yg sama ini boleh berada
    di benua yg berlaian serta beribu2 kilometer jauhnya..?

    BalasPadam
  22. Sya pun dh lama perasan tntang persamaan budaya org2 Dayak di kepulauan Borneo
    dgn org2 Asli di pedalaman benua Amerika..penggunaan tatto,ukiran relief pd batu/kayu,
    costume dn cara berhias yg hmpir sama...paling mudah dilihat,org2 tua Dayak suka pakai
    anting2 berat pda cuping telinga mereka hingga cuping tu labuh memanjang ke bawah..
    perkara yg sama juga dilakukan oleh org2Asli benua Amerika ini..

    Persoalannya bagaimana 2 entiti etnik yg mmpunyai budaya yg sama ini boleh berada
    di benua yg berlaian serta beribu2 kilometer jauhnya..?

    BalasPadam
  23. heh malaysia maling, loe pake judul blog melayu nusantara tapi yg loe bahas jawa
    sejak kapan jawa itu melayu? ... keliatan jelas siapa pusat nusantara sebenarnya kan

    BalasPadam
    Balasan
    1. jangan totok dan kolot sangat kalau gitu mcm org kafir

      Padam
    2. bagus sgt ke jawa tu? indon sndri pn gna bhs mlayu. hahaha...

      Padam
    3. jangan gitu lah, gua juga orang indo merasa gak enak hati kalo lo ngomong kayak gitu. Biarlah mereka mencari pengetahuan. toh kita juga satu nenek moyang. indonesia melayu kita melayu juga brai. fikir dulu lah sebelum bicara. malu sama saudara sendiri

      Padam
    4. Ya gak bisa gitu lah! Melayu di Indonesia itu BUKAN mayoritas, tetapi minoritas! meskipun cukup signifikan juga sih, melayu Indonesia itu hanya 2% dari keseluruhan populasi Indonesia, 48% itu bangsa Jawa, 26% bangsa Sunda, diikuti Batak, Betawi, Melayu, Tionghoa, Papua, Ambon, dan sebagainya.....


      Jadi, jika ada yang berpendapat Indonesia itu adalah negara Melayu, itu hanyalah omong kosong belaka! Tapi juga bukan berarti Indonesia adalah negeri Jawa! cobalah berfikir luas, jangan berfikir sempit yang menggeneralisir seluruh suku bangsa sebagai Melayu, jangan! Pemikiran itu harus berdasar dari sisi Subjektif juga, jangan main klaim sepihak!

      Padam
    5. memang benar Mas, sebenarnya mereka tidak redha kalau indonesia yang menjadi pusat nya, jadi dipaksa-paksain melayu agar malingsia jg kebagian..

      Padam
  24. Alhamdulillah pencarian kaitan Maya dan orang Nusantara dah didedahkan oleh Al Semantani. Saya ada baca jurnal Maya and Malay dan beberapa lagi perkaitan seperti bahasa asa dan saya amat terkejut kerana hasil dlm satu blog itu menunjukkan perkataan sama antara Nusantara dan Maya . TANAH. Mayan speak land Tanah and orang Nusantara speak land also Tanah. lupa blog tu linknye. Saya ada bandingkan beberapa wajah orang Maya dan mereka mirip seperti penyanyi kita Ramli Sarip dan orang2 tua asia tenggara. Maafkan saya sbb saya lupa link tersebut tapi saya guna google search biase je dan image searching. sekian. Mohon komen admin yek.

    BalasPadam
  25. Tungurahua (Quichua tunguri (tenggorokan), rahua (api): "Tenggorokan api") adalah sebuah gunung stratovolcano aktif di Ekuador. Terletak dekat Central Cordillera di Andes Ekuador, gunung ini meletus pada Agustus 2006. Tingginya 5.023 meter dan di dekatnya terdapat beberapa gunung berapi lain seperti Chimborazo (6.267 m) dan El Altar (5.319 m), Gunung ini termasuk salah satu Tempat Terndah Di Dnia.

    BalasPadam
  26. heh melayu maling,...SADAR DIRI & TAHU DIRI gambar yang loe tampilkan & candi lo bahas itu ada di jawa, di bangun oleh orang2 majapahit ... gak ada hubungannya dengan budaya melayu murahan lo itu ... JAWA ITU PUSAT DARI SEGALA NUSANTARA dulu , sekarang & masa depan.

    KALAU MAU NGOMONGIN MELAYU & MAYA , BAHAS & CAKAP PENINGGALAN MELAYU YG ADA KAITANNYA DENGAN MAYA...

    KONON MAU NGOMONG HUBUNGAN BUDAYA MELAYU -MAYA TAPI YG DTAMPILKAN GAMBAR WARISAN KEBUDAYAAN JAWA-MAYA ....DIMANA LETAK MELAYU NYA ? KAKAKAKAKA

    BalasPadam
    Balasan
    1. kau bukan keturunan adam ke dari jin beragas

      Padam
    2. Hoi Orang Indon! Kamu orang Islam atau orang kafir? Kalau siapa pun kamu, kamu tu bodoh lagi bahlol tak tahu bezakan asas tafsiran siapa Melayu di Malaysia dan siapa Melayu di Indonesia. Kamu bodoh jangan tunjukkan lagi kebodohan kamu cakap pasal apa2 pun. Ini hal ilmiah, bukannya politik macam babun di hutan Indonesia yang suka pembakaran hingga mengexport jerebu! Melayu di Malaysia merujuk semua ras asal Nusantara tak kira siapa jawa ka, Dayak ka, Banjar ka, Bugis ka. Kalau Indonesia merujuk Melayu itu suku kaum tertentu sahaja, itu hak kamu dan kamu boleh kekalkan identity keSUKUAN kabilah2 kamu! Kami disini mengutarakan idea yang menyokong perkaitan Maya dan salah satu suku ras bangsa di Nusantara (di Malaysia, Melayu ialah rumpun2 bangsa di Nusantara dari Champa hinggalah ke Madagascar dan Maori di New Zealand sampaikan Hawaii pun! Kamu fanatic dgn Indonesia, hiduplah dgn fahaman kamu tapi fahamilah tafsiran kami di Malaysia! Siapa kata kami mencuri? Bahlol anak setan! Kamek orang Banjar Malaysia. kamik ada budaya, bahasa dan warisan yang menyamai Banjar dari Indonesia. Kamik tak kisah dilabel orang Melayu kerana kami tahu maksudnya! Ini Nusantara! Minda ikam bodoh hanya membilang nama2 Negara moden sahaja. DIAM IKAM! (ikam=kamu, dlm bhs banjar)

      Padam
    3. JAWA bukan melayu ...peradaban JAWA lebih tua dari melayu
      ngapain JAWA mau disebut kaum dengan budaya baru seumur jagung seperti melayu

      Padam
    4. Lu belajar sejarah dulu. Yang bangun Candi Borobudur itu Kerajaan Syailendra yg sepupunye Kerajaan Sriwijaya. Huruf Melayu kuno itu Huruf Rejang ame Huruf Rencong (disebut juga huruf paku) yang asalnye dari Sumatera Selatan pusatnye Kerajaan Sriwijaya. Penduduk ASEAN itu Mayoritas Bangsa rumpun Melayu. Suku Bangsa Cam dari Vietnam ame Kamboja,termasuk rumpun Melayu. Negare Pilipina Mayoritas rakyatnye keturunan Melayu,khususnye Suku Bangsa Maranao www.maranao,com

      Padam
    5. Suku Bangsa Cam di Kamboja
      http://protomalayans.blogspot.com/2013/04/suku-cham-barat-kamboja.html?spref=bl

      Padam
    6. Kata"Nusantara"baru muncul pada abad ke 14 Masehi,kata itu untuk menyebutkan daerah di luar Kerajaan Majapahit,yaitu "Di antara pulau-pulau","Nus"=Pulau "Antara"=diantara pulau-pulau. Sejarah Majapahit sebenarnya adalah sejarah yang Penuh Kontroversi dan Kerajaan Tertua di Nusantara sebenarnya Kerajaan Kutai dari Kalimantan Timur. Inilah beberapa Kontroversi Kerajaan Majapahit,"Perang Bubat",sangat melukai hati Rakyat Pajajaran/Sunda,jika tidak percaya silah ditanyakan pada Pak Ajip Rosidi yang adalah seorang Budayawan Sunda. Kesultanan Samudera Pasai dari Aceh,berdiri beberapa tahun sebelum Kerajaan Majapahit.

      Padam
    7. Kontroversi terbesar Kisah Kerajaan Majapahit adalah Arca yang diklaim Pak Muhammad Yamin sebagai "Gajah Mada",hingga kini tidak pernah dilakukan uji karbon untuk membuktikan keaslian atau usia sebenarnya Arca tersebut.

      Padam
    8. Salah satu Kontroversi Kisah Kerajaan Majapahit >>

      http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/07/ragam-tafsir-palapa-dari-mulut-sang-patih

      Padam
    9. Bukti Kerajaan Syailendra yang adalah Saudara Sepupu Kerajaan Sriwijaya,pernah berkuasa di Pulau Jawa

      http://www.tempo.co/read/news/2013/04/13/061473106

      Padam
    10. http://kanzunqalam.wordpress.com/2011/03/09/sejarah-melayu-teori-sundaland-dan-naskah-wangsakerta/

      Padam
    11. Asal-usul Perjalanan Umat Manusia Modern
      http://www.bradshawfoundation.com/journey/

      Padam
    12. Ulasan ini telah dialihkan keluar oleh pengarang.

      Padam
    13. saya ikut prihatin dengan pernyataan tersebut. Saya orang indonesia merasa malu ada orang indonesia berkata seperti itu. mohon maaf kepada kalian semua yang tersinggung. saya mewakili orang indo meminta maaf karena pernyataan saudara kami.

      Padam
    14. Melayu hanya minoritas di Indonesia! bukalah mata kalian! bahlul!

      Padam
  27. malaysia anjing mau maling lagi
    dasar malaysia keturunan maling !!!
    nenek moyang maling - anak cucu keturunannya pun gak bakal jauh beda dari moyangnya
    ganyang malingsiah

    BalasPadam
    Balasan
    1. Hahahaha! Ini orang bodoh dari Indonesial!!!!

      Padam
    2. @Adi ; Salam Ukhuwah dari ulun untuk ikam =)

      Padam
    3. sudah sudah, tidak usah dibincangkan lagi, dia hanya oknum yang ingin merusak persahabatan kita. by : orang indonesia

      Padam
    4. mohon maaf dari kami orangg indo buat orang malay, tidak usah di bincangkan lagi, saya orang indo juga tidak sepakat dengan pernyataan tsb.

      Padam
  28. betulla kau harbi

    BalasPadam
  29. apakah jawa itu melayu?
    melayu ya melayu- jawa ya jawa
    beda bahasa & budaya
    setelah angklung milik sunda, tari pendet milik bali, tari tor-tor milik batak
    lo malingsiah mau coba mengklaim khasanah kebudayaan arsitektur jawa di klaim sebagai budaya melayu?

    lawak lu malaysia maling

    BalasPadam
    Balasan
    1. lu pun harbi ke

      Padam
    2. Hahahaha! Seekor lagi anjing anak babi dari Indonesia.... Kenapa ramai sgt orang2 Indonesia di sini gemar menunjukkan kebodohan mereka ke khalayak ramai seantaro dunia? Satu kajian perlu dilakukan. Hoi anak setan Teguh Bodohnya Soedriro Mangkuk Jamban! Kamu ni sudah habis belajar definisi Melayu di Malaysia tak? Biar aku ajar orang bodoh mcm kamu ni, di Malaysia, Melayu dirujuk kepada semua ras suku kaum asal Nusantara spt Melayu Kedah, Melayu Perak, Banjar, Bugis, Minangkabau, Jawa, Batak, Dayak dan lain2 lagi- maka itulah definisi moden. Kami tahu kami siapa asal usul kami tapi kami iktiraf dizahir sbg 'Melayu'. Kerana ia merujuk kami penduduk asal di Nusantara. Jadi kami memang membawa budaya asal dari Tanah asal (kini kamu panggil Indonesia itu hahaha)dan kami amalkannya lagi. Bilamana media menyebut kami mengamalkannya di Malaysia dan kerajaan Malaysia ingin mengiktirafnya budaya Malaysia, kami naik marah kenapa? Kamu bukan curi atau merompak mcm perompak2 Indon yg datang ke sini menipu dan merompak orang2 Malaysia. Kami mengamalkan budaya, bahasa dan warisan yg sudah diamalkan keluarga kami. Tiba2 media Indonesia menuduh kami 'maling' budaya kamu? Bodohkah media kamu? Atau kamu lagi bodoh daripada monyet di dlm zoo itu? Buta dan tidak mampu berfikir? Kasihan aku lihat kebodohan kalian di sini.... hahahaha. Teguhnya kebodohanmu...

      Padam
    3. maling ya maling, teliti aja sana budaya malaysia-njing anjing
      teliti aja sana dubur hang tuah itu pernah diliwat ke belum kakakakkaa
      buat apa lo teliti budaya suku2 di indonesia, menunjukkan kalo malaysia itu gak ada jatidiri sampe meneliti suku2 negara lain, lebih pintar mana orang indonesia atau orang malaydog...dalam hal prestasi tetap saja peneliti indonesia lebih banyak diperhitungkan dalam kancah internasional...jadi budaya indonesia gak perlu diteliti sama bangsa tolol yg gak diperhitungkan seperti malaysia

      Padam
    4. @Adi: bilamana Melayu itu jadi ras??? bukalah matamu! jangan hanya berfikiran sempit macam orang hodoh kepala toghut je korang nie! berfikirlah sejcara luas! Jawa, Melayu, Cina, Dayak, Batak, Jepang, Korea, dll itu adalah SATU RAS bernama ras "MONGOLOID" buka matumu dasar kafir rasis!!

      Padam
  30. data dan Foto-foto ini dicuri dari Indonesia,...

    BalasPadam
    Balasan
    1. ia tidak dicuri tapi dipetik atau dipinjam, bukankah telah dinyatakan bahawa memang maklumat ini diambil dari para pengkaji indonesia , jadi apa masalahnya wahai indon-indon yang kiasu sekalian? saya telah mengkreditkan artikel ini pada pihak yang mengkajinya malah memang sudah terang perkara yg dibincangkan dalmm artikel ini adalah mengenai tempat2 di Indonesia, jadi sudah tentu ia dari kajian indonesia...so apa masalahnya lagi? apa anda buta dan bengong? ngak tau baca ya?

      Padam
    2. Bodohnya, menamadunkan Melayu koq malah bawa-bawa Jawa??? bukalah matamu!! Jawa itu BUKAN Melayu!!!

      Padam
  31. Agung Bimo Sutejo DKK yang sedang meneliti ini ,. dapat anda jumpai dalam acara "KENDURI CINTA" Taman Ismail Marzuki Jakarta pada hari jum'at diminggu ke 2 setiap bulannya,... Hadiri Datanglah lanngsung,.. untuk bisa diskusi berrsamanya... saya tunggu,..!!!

    BalasPadam
  32. INDONESIAA MASIH KAYA DENGAN BUDAYA,.. AYO SILAKAN AMBIL SEBANYAK-BANYAKNYA....

    BalasPadam
  33. puak bwh tanah ni yang nak laga-lagakan orang islam supaya taasub bangsa dan keturunan

    BalasPadam
  34. ini bukan masalah agama
    ini masalah hak cipta, hak milik
    gw tanya lo malonsial apa rela istri lo diambil /di maling walo sang pencuri sama-sama muslim seperti kamu

    lucu lu bilang melaga-lagakan orang islam

    BalasPadam
  35. Lu sama-sama islam bilang hak milik tapi bila kafir penjajah rela pula berkongsi segalanya. jangan hipokrit puak bawah tanah

    BalasPadam
  36. wah...keren banget...trus smangat tuk ngasih info ke qta ya...di tunggu lho...

    BalasPadam
  37. kafar kafir kafar kafir
    woi malaydog, ngaca woi
    sok suci amat lo ... berapa sih umur keislaman malaysia ?... baru 500 tahu doang malaysia beragama islam ...moyang lo dulu semua itu kafir goblok dan lo itu keturunan kafir ...so, jaga lo punya mulut , ngaku aja islam tapi menebar permusuhan ama non islam, nabi gak pernah ngajarin permusuhan antar agama

    BalasPadam
  38. nampak betul ciri-ciri kaf fa ra ada pada mu betul la dajal mata satu

    BalasPadam
  39. ..LOH..ENDASMU JEBLOK LAH...

    BalasPadam
  40. emang ada kebudayaan malaysia???????????????????????????????????????????????????

    BalasPadam
  41. mengapa tidak mengkaji kebudayaan sendiri?????????? bertanda memang tak punya budayakah???? atau malaysia itu orang indonesia yang hijrah karena tidak berguna di kampung sendiri??? beranak pinak dan mewariskan kepalsuan di tanah yang disebut dengan malaysia????

    BalasPadam
  42. jangan ribut2.. haha, ni suma orang hidden hand nie.. nk laga2 kan kita.. sama2 islam.. sabarlah sahabat sekalian..

    BalasPadam
  43. jangan ribut2, ni suma komen ultra kiasu dari seberang(hidden hand kot)saudara tetap saudara.. cuma puk Hhand ni je yang sentiasa xpuas hati

    BalasPadam
  44. bila tengok dalam you tube tentang kebudayaan melayu, dalam blog2 sejarah ada2 je komen2 yang xmenghormati langsung adab2. sabar dan tenang2 lah membaca, ini tidak ada je yang salah tentang kami.. bukan masalah senior @xsenior.. ini tentang rumpun.. satu rumpun dari melayu. saya dah bosan bila ada komen2 dari seberang memburuk2 kan tentang negara kami, komen lah yang positif.. kita sama rumpun dan sama islam..

    BalasPadam
    Balasan
    1. salam dari pg tak akan bsa palembang dan sumatra,,kami ni melayu jga....dan melayu itu satu bangsa besar yg tak akan bsa dipisah pisah atas nama negara.....kami bukan jawa yg tak mengakui keserumpunan mereka ,,,bahwa mereka pun bagian dari sejarah melayu raya....salam salam salam,,,dek melayu leungit di khumpon { tak akan melayu hilang di dalam rumpun nya }

      Padam
    2. kepayang ulak pusahk...............
      gugoh sedaun ku cakhe'i....................
      tecampak di belukahk................
      setaon ku bale'i.............................


      salam dari kejayaan tempo dulu '' SRIWIJAYA ''...... nusantara I

      Padam
  45. cuba kita beza kan dalam diri kita, angap lah perut, usus, hati limpa dan semua organ2 dalam diri kita, didalam badan kita tersebut semua mengatakan aku lah perut, jantung pn berkata bgtu dan semua organ2 mengata perkara yang sama juga.. tetapi apabila jasad dan batang tubuh ada. mana pergi akulah jantung, akulah perut dan semua tadi.. tenggelam dalam batang jasad. bgtu juga bangsa kita melayu. malas nk tulis panjang2.. cukup lah jangn bertengkar2 lagi dalm hal2 remeh bgni..

    BalasPadam
  46. kita semua adalah serumpun,, jangan dibedakan, mempelajari sejarah-prasejarah kebudayaan yg besar itu sifatnya global,, apalagi mau menelusuri asal usul peradaban dan kebudayaan tertua di dunia itu harus menggandeng segala aspek budaya dan masyarakat dunia,, yang jauh seperti suku astek, inca, maya atau mesir saja sudah di hubungkan apalagi yang dekat-dekat seperti melayu serumpun,,, karena tidak ada saksi hidup yang menceritakan itu semua maka dari itu kita perlu mempelajarinya dari budaya, history leluhur, adat, dan etnis masyarakat saat ini..

    James Hutton (bapak Geologi) mengatakan " The present is the key to the past" , sekarang adalah kunci untuk mengetahui masa lampau,, dasar ini juga dipakai oleh para intelejensi untuk menemukan seseorang... jika mau temukan orang tua seorang anak yg hilang, maka liat saja dari wajah anak itu pasti mukanya tidak jauh berbeda dgn orang tuanya.. kan buah jatuh tidak mungkin jauh dari pohonnya, begitu pula dgn kita semua pasti wajah dan perlakuan kita tidak jauh dari salah satu atau kedua orang tua kita... jadi jika Atlantis itu adanya di sundaland atau Indonesia, maka pasti kebudayaan dan sifat2 yang dulu yg pernah dianut nenek moyang kita pasti masih melekat atau tidak berbeda jauh meskipun hanya sebagian saja yg masih tersisa pada kebudayaan masyarakat kita maupun masyarakat dunia lain saat ini..

    wasssalam

    BalasPadam
  47. Itulah yang Benar dari Gusti Allah SWT. di sampaikan Penghulunya Nabi Muhammad SAW.

    BalasPadam
  48. Non'K Moloku.. terima kasih kerana memberikan pendapat yang berkualiti, moga tuhan merahmati Anda..

    BalasPadam
  49. ras kita sama, ras melayu, hanya kebetulan saja kita berasal dari suku yang berbeda, asal muasal kita sama, Nusantara yang saat itu berpusat di pulau jawa dibawah kepemimpinan suku jawa, seperti kekaisaran china yang terdiri dari berbagai macam suku (dengan kerajaan mereka sendiri seperti ming, han, dll) Nusantara juga terdiri dari kerajaan-kerjaaan suku mereka masing2.

    seyogyanya kita kaji budaya nusantara bersama, perbedaan istilah kata nusantara dan kata melayu antar dua negara sudah rancu dan sering kali mengakibatkan perbedaan pendapat berujung perdebatan

    Jika orang2 eropa bisa bangga menyebutnya bangsa eropa, kita pun harus bangga dengan sebutan bangsa Nusantara. Sejarah menempatkan orang eropa di tengah2 keharmonisan kerajaan2 di seantero Nusantara dan kemudian memecahnya menjadi negara2 berdaulat masing2, tetapi asal usul nenek moyang kita tetap sama, kita keluarga dalam hal ini


    omong-omong kata Nusantara, saya setuju dengan keputusan pemimpin negara2 asia tenggara yang membentuk ASEAN, IMHO ini adalah Nusantara di jaman modern ini :-), Nusantara yang harmonis dan menjadi rumpun bangsa yang kuat dan maju di masa mendatang (setidaknya pemimpin2 negara kita memiliki visi kedepan yang luhur)

    BalasPadam
    Balasan
    1. Bangsa Nusantara itu ras Austronesia-Mongoloid mas! Bukan ras Melayu pemalas abal-abal!

      Padam
  50. Nenek Moyang kita bukan dari Cina Selatan

    http://www.bradshawfoundation.com/journey/

    BalasPadam
  51. Menarik untuk menjadikan ini sebagai bahan rujukan pula www.lenteratimur.com

    BalasPadam
  52. Nenek Moyang kita lebih tua daripada Cina Han/Tionghoa

    http://notlurking.com/ngi.cc/eHlz

    BalasPadam
  53. Indonesia dan malaysia adl kakak adik yg terpisah karena penjajah
    Sang kakak merana adik bahagia kapan kita bersatu └ά̲̣̣G̲̣̣̣̥ɪ̣̝̇ seperti dulu sedih aku

    BalasPadam
  54. wajar aja orang2 jawa pada berang liat warisan budaya leluhurnya diklaim jadi budaya melayu
    malaydog2 mulai ngomong orang2 jawa yg komen disini kafir, gak ada orang jawa yg komen disini mulai bahas agama, ... tiba2 aja malaydog ceramah perkara agama...lucu kek orang mengalihkan isu budaya jadi isu agama ...

    BalasPadam
    Balasan
    1. Benar, teman saya yang Melayu Bengkulu saja berang lihat artikel ini

      Padam
    2. kau asli melayu atau turunan jawa @mufid,,aku ni hang dihi dr pelembang,,,,jgn berang lihat org2 jawa inilah yg pertama buat profokasi di blog ini.......jgn kau ikutan berang,,,ingat tatkala mrk bicara melayu berarti mrk bantu kta menemukan jatidiri yg ada di diri kita sbg bagian dr bangsa melayu........aku dr palembang asli......salam dr indonesia ingat kami melayu sedarah dgn melayu2 lain kecuali jawa atau keturunan jawalah yg tak suka dgn kami dsni....

      Padam
    3. Ulasan ini telah dialihkan keluar oleh pengarang.

      Padam
    4. Kulo Jowo tulen, ning mbokku ono getih Palembange, senajan getih Palembang Cino
      Saya Jawa asli, tapi ibuku ada darah Palembangnya,, meskipun darah Tionghoa Palembang, Mereka bukannya tidak suka, sah-sah saja kalian menelusuri budaya(Melayu) sendiri, namun alangkah sempitnya pemikiran orang Melayu Malaysia yang suka menggeneralisir orang Jawa sebagai Melayu, saya sendiri jujur, sangat tidak suka dengan klaim sepihak ini, ini namanya menyakiti jatidiri sukubangsa lain bro, kalau ingin menelusur budaya Melayu ya silakan saja telusuri di daerah-daerah pesisir Sumatera, Jambi, Bengkulu, Palembang, Kalimantan, dan semenanjung Malaya. Tapi please ya, jangan pernah bawa-bawa Jawa! Jawa itu dari bahasanya, kebudayaannya, agama aslinya, filosofinya, sejarahnya, peribahasa, DNAnya, dan sebagainya, itu juga sangat berbeda dari Melayu! Kalau ada yang "sakpenak wudele dewe" yang menyatakan Jawa adalah bagian dari ras Melayu, itu salah besar! itu sama saja dengan menganggap orang Tionghoa, Papua, Jepang, Korea, Vietnam sebagai bagian dari ras Melayu! Jangan "mentang-mentang" bahasa Indonesia berdasarkan bahasa Melayu lantas menyebut penuturnya bangsa Melayu, jangan! itu sama saja menyebut penutur masyarakat dunia sebagai bangsa Inggris! (karena lingua franca di planet Bumi ini adalah bahasa Inggris). adakah Jepang & Korea itu ras Cina? adakah Persia, Kurdi, Arab itu ras Yahudi? adakah Nigeria itu bangsa Congo? adakah Inggris, Belanda, Rusia adalah ras Germanic? Jelas Jawabannya bukan, perlu anda ketahui bahwa Jawa, Sunda, Tionghoa, Batak, Melayu, Thai, Khner, Viet, Jepang, Korea, Tibet, Amerindian itu adalah satu rumpun dari rumpun ras MONGOLOID.... Jadi, tolong ya, jangan mseenaknya klaim sepihak please, tolong... Jujur saya sendiri juga suka budaya Melayu dan Sunda tapi bukan berarti saya ini adalah Melayu atau Sunda, Paham?

      Terimakasih, salam dari Cilacap, Jateng, Indonesia

      Padam
  55. Sungguh lucu melihat artikel blog ini saya ingin tertawa

    ELINGEN! JOWO KUWI DUDU MELAYU! SU!

    Ingat! Jawa itu bukan Melayu! Njing!

    Sejak kapan etnis Jawa jadi Melayu??

    Jawa itu rumpun bangsa Austronesia Mongoloid! Bukan Melayu abal-abal!

    Jawa itu jauh berbeda dengan Malayu! Malah hampir tidak ada hubungannya! Lihat saja dari BAHASA, BUDAYA, ETOS KERJA, KESOPANAN, FILOSOFI, dll itu saja sudah SANGAT berbeda!!

    Kalian Melayu Malaysia harusnya menghormati Jawa sebagai etnis yang bebeda! Bukan sebagai etnik Melayu!!

    Harap penulis lebih banyak belajar sejarah lagi. Terimakasih

    BalasPadam
  56. Sungguh lucu melihat artikel blog ini saya ingin tertawa

    ELINGEN! JOWO KUWI DUDU MELAYU! SU!

    Ingat! Jawa itu bukan Melayu! Njing!

    Sejak kapan etnis Jawa jadi Melayu??

    Jawa itu rumpun bangsa Austronesia Mongoloid! Bukan Melayu abal-abal!

    Jawa itu jauh berbeda dengan Malayu! Malah hampir tidak ada hubungannya! Lihat saja dari BAHASA, BUDAYA, ETOS KERJA, KESOPANAN, FILOSOFI, dll itu saja sudah SANGAT berbeda!!

    Kalian Melayu Malaysia harusnya menghormati Jawa sebagai etnis yang bebeda! Bukan sebagai etnik Melayu!!

    Harap penulis lebih banyak belajar sejarah lagi. Terimakasih

    BalasPadam
  57. nampaknya kepala hotak toghut juga dipakainya

    BalasPadam
  58. thanks infonya saya belum tahu asal masuk nya ras/bangsa melayu yang dibawa Nabi Allah Iskandar Zulkarnain keNUsantara mohon bagi yang berIlmu n berpaham agar dapat membntu sy bagi saudara q di Indonesia presiden kt saja turun kepagaruyung mendpt gelar artinya beliau mengerti sejarah terus kembangkan wawasan bukan permusuhan apalagi caci maki maka Allah akan membuka jalan kebenarannya

    BalasPadam
  59. tamadun terawal dr mekah?..udah le tu..tang tu dah salah dr fakta..tak islamik langsung...bro kene tau beza kan fakta dgn religious conviction..kalo kaji sejarah dgn religious conviction memang takde bezalah engko dgn bible scholar yg menkaji dunia..byk kesalahan fakta..tpi dia religious conviction dia yg membutakan mata terhadap fakta...papeun tahniahlah kerana buat kajian sejarh melayu ni walaupun tak smeunya boleh pakai psl engko buat andaian base on kajian org lain.

    BalasPadam
  60. Tiada masalah untuk melakukan kajian dengan berpandukan 'religious conviction' asalkan dibuat dengan dengan disusuli fakta dan rekod-rekod yang berkenaan. Mana-mana kajian pun memang perlu dipaksikan sedikit sebanyak pada kajian orang lain juga sebagai rujukan.
    Setelah sekian lama kita membiarkan diri dan sejarah kita ditafsirkan oleh orang kafir dan Barat, kita membiarkan mereka membuat kesimpulan-kesimpulan berdasarkan akal mereka semata-mata, sudah masanya kita menggali semula sejarah kita sendiri.Bukan untuk membangga diri, tetapi untuk mengetahui asal-usul. Daripada kebenaran asal-usul ini, segala kekeliruan yang ditimbulkan oleh para pengkaji barat dapat dirungkaikan dan kebenaran yang Tuhan turunkan melalui kitab-kitab dapat diterima tanpa was-was.
    Teruskan usaha ini wahai sahabat.

    Karimpin

    BalasPadam
  61. kayaknya jawa bukan melayu tapi agak sedikit afro australi. atau mungkin campuran melayu-afro autrali orang sumatra mungkin ke mlayu. tp bnyk juga yg keturunan arabia.

    BalasPadam
  62. Semua keturunan Nabi Adam as.dan sekarang kena ikut Nabi Muhammad saw. Ada maffhum hadis keturunanku adalah orang yg bertaqwa.

    BalasPadam
  63. Bangsa Austronesia itu leluhur kita semua. Ya betul tulang punggungnya di Jawa. Syailendra itu orang2 Jawa, pusatnya di Magelang & mendirikan kerajaan Mataram... Syailendra itu artinya "penguasa bukit" dalam bahasa Sansekerta, cuma bahasa agama saja, bukan bahasa sebenarnya. Saat ganti dari Hindu ke Buddha mereka bangun Borobudur. Lalu saat kudeta balik lagi ke Hindu (Mpu Sindok), wangsa/dinasti Syailendra "LARI" ke Sumatra. LARI (kalian bilang cabut lari) dalam bahasa Jawa = MLAYU atau MELAYU. Makanya orang2 Jawa sebut dinasti Syailendra sebagai "wong sing MLAYU... arti = orang yang lari). Mereka mendirikan kerajaan Sriwijaya Buddha di sana. Jadi kalau mereka "menyerbu" kembali Jawa bukan arti sebenarnya menyerbu tetapi menuntut kembali hak mereka sebagai penguasa Jawa sebelumnya... Tapi gagal total di pantai utara Jawa. Bahkan hingga hari inipun bahasa Palembang (tempat pusat Sriwijaya dulu) masih banyak kesamaan kosakata dengan bahasa Jawa... Silahkan cek. Majapahit tampil belakangan namun tumbuh menjadi satu2 kerajaan Austronesia terbesar yg pernah ada dan melebar pengaruhnya bahkan sampai Madagaskar... Bukti2 banyak, boleh cek sendiri. Bendera Majapahit? Sama dengan bendera Mataram Hindu sebelumnya... MERAH dan PUTIH. Kami, Indonesia, adalah satu2nya negara & bangsa keturunan bangsa besar Austronesia yg masih benar2 memegang teguh warisan budaya itu. Jadi, jangan bawa2 Melayu untuk menyebut kami semua di Nusantara... itu sungguh suatu KESALAHAN BESAR. Kalian belajar history dengan benar, jangan sembarang.

    BalasPadam
  64. Kalau kalian turut bangga dengan warisan budaya Nusantara tentu bolehlah... Kalian bangga akan Majapahit pun bolehlah pula karena kalian juga bahagian dari Majapahit dulunya. Bahkan pendiri Tumasek/Singapura Parameswara pun putra Majapahit. Begitu pula Hang Tuah dan setidaknya Hang Jebat... Mereka juga keturunan Majapahit... Orang2 di Riau menyebut mereka "Jawi Pekan"... Orang2 Jawa yg lahir & besar di Pekan (tanah Riau). Bahkan Hang Tuah & Hang Jebat pernah berguru ke Trowulan, ibukota Majapahit di Jawa... Tiada masalah lah kan kakek Hang Tuah & Hang Jebat memang panglima2 perang Majapahit yg ditempatkan di Sumatra & Semenanjung guna menjaganya dari invasi Kerajaan Thai di utara. Sriwijaya? Sudah lama ambruk dihajar Majapahit (via Adityawarman di Pagaruyung yg juga berayah Jawa-Majapahit dan beribu Minang-Pagaruyung). Jadi, tak apa... tak usah merasa malu untuk mengatakan bahwa kalian pun bangga akan Nusantara, bangga akan Jawa-Majapahit, dan bangga pula akan Indonesia. Kalian kami punya saudara. Jangan karena kekayaan sesaat yg sedang kalian nikmati sekarang membuat kalian memandang hina Indonesia... Itu bukan perangai muslim yg baik. Indonesia lebih besar dari yg kalian sangka. Harta tak pernah menyilaukan kami... Tujuan membesarkan Nusantara itulah... Semenjak leluhur Austronesia hingga Majapahit. Kalian? Entahlah... cuma pinjam sana, pinjam sini. Seharusnya kalian MALU lah.

    BalasPadam
    Balasan
    1. malunye gue, Parameswara, putra raja majapahit?? Sedangkan Srivijaya, kerajaan Melayu terbesar meliputi Indonesia, Malaysia dan Indochina, Majapahit dimana? Hang Tuah 5 sekawan, keturunan majapahit? Loe blajar mana sih? Nggak malu pulak ngaku ek?

      Ngapain loe guna bahasa Melayu, bukan jowo?

      Padam
    2. Kalau dia pakai bahasa Jawa mana kamu paham bro, kau kan tahunya hanya bahasa Melayu, permintaanmu itu sama saja meminta komen berbahasa asing

      Padam
  65. wah cam mcm komen der kt sini dan yg blom bleh nk pangkah lg tu la jawa.memang jawa sejak dari dulu perangainyer memang suka beza kan yg dia jawa tp bukan melayu lak tu memang der perkataan jawa melayu tu istilahnyer lari..namun paper pun andaian aku...jawa adalah pemerang teakhir wilayah ini dan rasis tetap mempertahankan per tu penguasaan rantau..dan asal usul jawa pun kita boleh bahaskan banyak lagi dr mn ya dtg nya si jawa ini..1.adakah jawa mmg sedia muncul dr dalam tanah jawa itu sendiri dan enggak pernah dtg dr mn-mn kecuali dari dalam tanah di pulau yg dipanggil pulo java itu.2.adakah belio memang dtg dr suatu tmpt yg enggak lg diketahuan asalnya...

    paper pun puak yg telah berjaya memisahkan kita dan membuat satu garisan yg tidak kelihatan itu telah berjaya menimbulkan dn mengapi-apikan sesuatu diantara kita.

    sadar atau ngak kita memang sedang dlm proses pemecahan namun blom lg hancur lumat.dah lumat sok kok jgn ko garu kepala nnt ko tanya ...apa ya ni sih keadaan inih jd gini nih..

    yg kita cari ni bukan pebedaan tp kebenaran..

    namun yg benarnya..
    ko jawa
    aku melayu
    ko jwa
    bukan melayu
    ko malu nk ngaku sbb
    jawa kata melayu lari
    sapa ya tu terbitkan
    istilahnya tu jawa bilang melayu lari..

    BalasPadam
  66. orang cina pun kata orang cina pergi tanah melayu masuk melayu pada zaman sebelum merdeka dulu. jadi ada dua perkara perkataan yang sama bunyi di sini, satu istilah jawa untuk lari adalah melayu dan satu lagi memang ada perkataan melayu untuk bangsa melayu sejak dahulu kala dan kebetulan bunyinya sama itu sahaja.dan orang arab panggil jawi untuk semua orang nusantara dahulu dan telah dikhususkan kepada orang islam sejak kedatangan islam.

    BalasPadam
  67. dah agak dah...kalo indon masuk mesti jd kucar kacir bahagian komen...salam tak beri...terus maki hamun...bangang tak bertempat...

    BalasPadam
  68. wallahuallam.. manusia tak mengerti apa yang Allah Tau..
    indonesia n malaysia itu dulu satu, kini terpecah.
    dan kelak kita akan bersatu kembali membawa panji islam..
    dunia ini akan kembali ke masalalu dimana nusantara akan menguasai dunia.
    itu merupakan ramalan. kita bangsa timur, harus bersatu.
    lihat ini. http://www.youtube.com/watch?v=hLOXoQO_hVc

    BalasPadam
  69. ya betul apabila datang imam mahdi yang sebenar semua kena ikut dia walau merangkak di atas salji dan jangan lari dari medan perang bagi lelaki yang mukallaf.

    BalasPadam
  70. sejarah kalo diteliti orang malaysia pasti banyak ngawurnya, maklum sedang mencari jatidiri
    l

    BalasPadam
  71. Ulasan ini telah dialihkan keluar oleh pentadbir blog.

    BalasPadam
  72. Kulo tiyang jawi.jawi sanes melayu!!

    BalasPadam
  73. Jangan terlampau keindonesiaan atau kemalaysiaan bang ini bisa jadi ribut. gaduh tak ada siapa yang menang . Memang bahan kajian dan bacaan ini dari Indonesia. Tahniah kepada pengkaji Agong Bimo Sutedjo dan krewnya Turangga Seta.Semoga dapat lagi dicari kebenaran dan bertambah iman kita kepada Alah dan Rasulnya. itu sahaja. kalau masuk nama melayu ke, jawake itu tidaklah perlu dipandang sampai tak ada agama sebagai penghubung. Kan Nabi Muhammad SAW. Rahmat Sekelian Alam. .Tak Usah merasa hebat diri tu kerdil dihadapan Allah SWT. Diberi Tsunami Hancur semua sekali tak ada yang hidup tunggu di padang mahsyar. Dalam Kubur Malaikat tak tanya apa bangsa dan negara kamu dan kajian kamu. Dia tanya agama dan saudara kamu.

    BalasPadam
  74. thanks bro untuk informasinya....hey jawa keparat gak usah bangga jadi orang jawa,kalian tuk tak lebih dari suku pemalas dan pencuri...sudah berapa banyak harta rang melayu yg kalian rampok dan jarah di sumatera dan kalimantan.orang jawa itu suku pelacur yg bangga berbuat dosa dan maksiat bahkan penyembah jin jin kafir dan paling mudah dimurtadkan oleh kaum kafir...orang jawa tu seburuk buruk manusia yang diciptakan ditanah nusantara...karena kelakuan maksiatnya maka terjadi bencana di indonesia krn suku jawa maksiat merajalela ditanah nusantara dan maksiat sudah kebiasaan orang jawa sejak dulu ....

    BalasPadam
  75. di jawa(jawa tengah dan jawa timur) sana kalau sholat jamaah,makmum tak tahu bacaan sholat dan tikus kucing anjing semua dimakan ,ngakunya islam tapi kelakuaannya maksiat semua.dan seperti babi..sejarah tanah jawa kalau dipelajari secara teliti penuh dgg kemaksiatan seperti raja majapahit yang gila main perempuan dan minum minuman keras dan ini tentunya ditiru sampai sekarang dan dimanapun orang jawa bertempat tinggal pasti tak lepas dari perbuatan maksiat...contohnya aja dipinggiran kota medan yg ditempati orang jawà maling tanah melayu,perbuatan maksiat seperti diatas sudah biasa dilakukan bahkan dibulan Ramadhan aja mereka gak malu melakukannya...teman kerjaku yg suku jawa tak pernah puasa dibulan Ramadhan...jadi jangan teriak maling karena maling di kota medan tu dan yg masuk penjara di kota medan 90% orang jawa keparat...

    BalasPadam
  76. di jawa(jawa tengah dan jawa timur) sana kalau sholat jamaah,makmum tak tahu bacaan sholat dan tikus kucing anjing semua dimakan ,ngakunya islam tapi kelakuaannya maksiat semua.dan seperti babi..sejarah tanah jawa kalau dipelajari secara teliti penuh dgg kemaksiatan seperti raja majapahit yang gila main perempuan dan minum minuman keras dan ini tentunya ditiru sampai sekarang dan dimanapun orang jawa bertempat tinggal pasti tak lepas dari perbuatan maksiat...contohnya aja dipinggiran kota medan yg ditempati orang jawà maling tanah melayu,perbuatan maksiat seperti diatas sudah biasa dilakukan bahkan dibulan Ramadhan aja mereka gak malu melakukannya...teman kerjaku yg suku jawa tak pernah puasa dibulan Ramadhan...jadi jangan teriak maling karena maling di kota medan tu dan yg masuk penjara di kota medan 90% orang jawa keparat...

    BalasPadam
  77. di jawa(jawa tengah dan jawa timur) sana kalau sholat jamaah,makmum tak tahu bacaan sholat dan tikus kucing anjing semua dimakan ,ngakunya islam tapi kelakuaannya maksiat semua.dan seperti babi..sejarah tanah jawa kalau dipelajari secara teliti penuh dgg kemaksiatan seperti raja majapahit yang gila main perempuan dan minum minuman keras dan ini tentunya ditiru sampai sekarang dan dimanapun orang jawa bertempat tinggal pasti tak lepas dari perbuatan maksiat...contohnya aja dipinggiran kota medan yg ditempati orang jawà maling tanah melayu,perbuatan maksiat seperti diatas sudah biasa dilakukan bahkan dibulan Ramadhan aja mereka gak malu melakukannya...teman kerjaku yg suku jawa tak pernah puasa dibulan Ramadhan...jadi jangan teriak maling karena maling di kota medan tu dan yg masuk penjara di kota medan 90% orang jawa keparat...

    BalasPadam
  78. orang jawa itu makhluk pengumpat dan penyebar fitnah layaknya kaum yahudi dan ada kemungkinan suku jawa adalah salah satu pengikut Dajjal karena orang jawa paling mudah tersesat dan disesatkan,apalagi di tanah jawa begitu banyak aliran sesat yg tumbuh dan berkembang...jadi berhati-hatilah karena si Buta dari Tanah Jawa(gus dur) yg jelas-jelas akrab dgn kaum Yahudi saja ,begitu dipuja puji sama tu orang jawa bodoh....Hati-hatilah dgn Pengikut Dajjal yang tumbuh subur ditanah jawa dgn aliran sesat dan jaringan liberalnya yg didanai kaum yahudi....

    BalasPadam
  79. di indonesia itu yg tak mau mengakui eksistensi kemelayuan hanya ras jawa,,,selain itu semua org indonesia mengaku melayu....termasuk org betawi di pulau kota jakarta pada dasarnya mrk pun mengakui berasal dr bangsa melayu

    BalasPadam
    Balasan
    1. Semua org Indonesia? lah Sunda, Lampung, Madura, Dayak, Ambon, Papua, Tionghoa juga tidak mengakui sebagai ras Melayu kok

      aing teh urang Sunda!!!

      Padam
  80. karna melayu bukanlah hanya nama negara toh !
    tp segenap bangsa yg ada di jazirah asia sebagian afrika [ dari madagaskar hingga ke hawai dan honolulu ]

    BalasPadam
  81. Maaf mas bro yang sesuku dengan saya,jangan bilang melayu maling.di negara kita sebagian juga bangsa melayu lho.untuk bro melayu sudah baca beritanya belum kalau jepang secara resmi mengakui nenek moyang mereka dari jomon?jomon kalau pakai bahasa indonesia jadinya jawa.bukan kami ngeyel mas bro,fosil tertua juga fosilnya orang jawa kok bro,silahkan googling dulu soal jepang tadi,,dan yang bilang jawa pencuri maaf maaf saja bos,coba cari tau berapa negara yang masih ada bahasa jawanya!masih kurang bukti juga kalau jawa bangsa paling tua??googling lagi sob!di eropa sana ditemukan fosil manusia jawa modern yang umurnya lebih tua dari bangsa eropa sendiri.sekali lagi maaf kalau kami tak mengakui kalau kami melayu!memang bukan kok!

    BalasPadam
    Balasan
    1. Setuju sama Masbro

      Padam
  82. Hikma Tiarr20 Disember 2013 11:04 PTG

    karna melayu bukanlah hanya nama negara toh !
    tp segenap bangsa yg ada di jazirah asia sebagian afrika [ dari madagaskar hingga ke hawai dan honolulu

    komen lu diatas kek retorika doang asal njeplak (klo cmn ngomong dan ngaku2 semua juga bisa).... org madagaskar pun gak mengakui mereka keturunan melayu justru oleh pelaut portugis , bangsa madagaskar mengaku sbg keturunan jawa...
    ada indikasi kalian seperti ingin... terutamanya ni org malaysia yg ngotot memasukkan jawa sebagai bagian melayu kerna CUMAN ingin mendompleng kemuliaan leluhur jawa (dengan mengklaim jawa sebagai melayu maka kejayaan jawa pun bisa diklaim dan dianggap sebagai kejayaan melayu kerna menurut versi malaysia jawa adalah melayu), patut diingat sebelum etnies laen jd pelaut bangsa jawa dah mengenal, menjelajahi lautan nusantara & belahan dunia...

    "Orang Jawa adalah orang-orang yang sangat berpengalaman dalam seni navigasi, sampai mereka dianggap sebagai perintis seni paling kuno ini, walaupun banyak yang menunjukkan bahwa orang Cina lebih berhak atas penghargaan ini, dan menegaskan bahwa seni ini diteruskan dari mereka kepada orang Jawa. Tetapi yang pasti adalah orang Jawa yang dahulu berlayar ke Tanjung Harapan dan mengadakan hubungan dengan Madagaskar, dimana sekarang banyak dijumpai penduduk asli Madagaskar yang mengatakan bahwa mereka adalah keturunan orang Jawa."

    Demikian tulis Diego de Couto dalam buku Da Asia, terbit 1645. Bahkan, pelaut Portugis yang menjelajahi samudera pada pertengahan abad ke-16 itu menyebutkan, orang Jawa lebih dulu berlayar sampai ke Tanjung Harapan, Afrika, dan Madagaskar. Ia mendapati penduduk Tanjung Harapan awal abad ke-16 berkulit cokelat seperti orang Jawa. "Mereka mengaku keturunan Jawa," kata Couto, sebagaimana dikutip Anthony Reid dalam buku Sejarah Modern Awal Asia Tenggara.

    http://id.wikipedia.org/wiki/Kapal_jung

    BalasPadam
  83. Maaf mas, sebelumnya. Apakah mas seblumnya sudah pernah k Candi Penataran?
    Selama saya sering k candi Penataran, saya belum lihat relief2 seperti itu.
    Bisa mohon di kasih tahu letak2nya candi penataran itu, karena saya asli putra Penataran.
    Jika tidak ada foto letak di mana relief2 itu berada, bisa dikatakan HOAX. tq.
    #nb: jika ada salah kata mohon maaf.

    BalasPadam
  84. Menariknya Artikel Ini,
    Saya Orang Jawa, Saya Bangsa Indonesia, tapi Saya lebih Suka bilang, Saya Orang Pribumi, Saya Bangsa Nusantara,
    Nusantara Itu Besar, Nusantara mestinya Bersatu,
    Link Wilayah Nusantara Seharusnya => https://www.facebook.com/photo.php?fbid=3053280532112&set=a.2367023816123.2109944.1266268339&type=3&theater
    Dalam Gambar jika di Tarik Garis Tengah, Pusat Nusantara memang Ada di Gunung Tidar, Jawa,coba Tengok Sejarah Gunung Tidar, Pergantian Paku Nusantara dari Semar ke Syech Subakri, setelah Itu liat Efek Nyatanya, lebih Baikan mana,
    Nusantara adalah Negara Besar, Kebesaran Terakhir Terukir dalam Diri Majapahit,
    Nusantara semakin tergerus Jaman,
    Penduduk Nusantara alias Orang Pribumi yang Terkenal Keramahannya begitu gampang Wellcome dengan Budaya Luar (semua Budaya Luar tu Bagaikan Budaya yang Manis di Bibir dan Tulisan saja, tapi Fakta Lapangan Nol), semua tu bagaikan Bumerang bagi Pribumi Sendiri, Orang-Orang Luar tersebut Bagaikan Benalu tak tahu untung (mirip kelakuan Mereka di Tananhnya Sendiri, Mirip Hewan),
    Pribumi pun hilang Pribumi Aslinya, Nusantara pun semakin Terpecah dan emang Sengaja di Pecah Oleh Mereka,
    Jangan Hubungkan Jongko Joyoboyo dengan Budaya Luar, Satrio Piningit adalah Satrio Piningit, bukan Imam Mahdi, bukan Al Maisih, juga bukan Yesus, dll,
    Kita Nusantara, Kita Bangsa Besar yang Bermoral, Raksasa yang sedang Tertidur, Bersatulah, Kembalilah ke Jalur,
    Salam Restorasi Nusantara,

    BalasPadam
    Balasan
    1. Lah orang peranakan Tionghoa dan Arab bagaimana? mereka juga harus disebut pribumi juga! karena mereka lahir, besar, dan berbicara bahasa Indnesia, bahkan bahasa daerah juga

      Padam
  85. nampaknya ada hamba Allah yang tak mahu mengaku dia cucu cicit nabi adam as dan 24 rasul as yang ada susur galurnya dengan kita maka jadilah seperti almasikhuddajjal simata satu yang riya dan taksub dengan pulau dia saja.

    BalasPadam
  86. Eropa Punya Nostradamus,
    Timur Tengah Punya Ibrahim'Cs,
    Nusantara Punya Joyoboyo,

    Mereka Adalah Sebagian Sesepuh Dunia yang Menceritakan Tanahnya,

    BalasPadam
  87. Saya orang Jawa, tapi saya tidak benci Melayu dan lainnya. Bagi saya biasa saja. Kami di Jawa hidup biasa, tenteram bersama sawah ladang, gunung, dan alam yang indah. Hati saya mengatakan bahwa para leluhur kami adalah orang-orang yang sederhana dan tidak suka memaki. (Maafkan kalau ada temanku yang suka mencaci). Di Jawa, kami akrab dengan alam, akrab dengan manusia dari kaum lain. Kami hidup di bawah rimbun pohon kelapa, kami bernyanyi di tengah rumpun padi, kami tersenyum melihat gunung-gunung biru mengepulkan asap di kejauhan. Bagi kami, Jawa adalah tanah yang sakral. Ribuan tahun telah berlalu, berbagai kerajaan telah silih berganti timbul tenggelam di tanah kami. Mereka adalah leluhur kami. Mereka memandangi kami saat ini. Wahai tanah jawa, tanah pusaka kami. Kami bangga dengan Jawa, tapi kami juga hormat kepada siapapun. Selamat datang, monggo, kami menyambut kedatangan Anda. Semesta Jawa selalu tersenyum mengiringi kedatangan Anda. Saya tidak tahu-menahu apakah Jawa yang tertua dari segala bangsa, saya tidak tahu. Bagi saya, adalah tugas saya untuk tetap menjunjung kemuliaan tanah tempat nenek moyang saya sekarang berbaring berkalang tanah. Salam damai dari saya orang Jawa. Jawa yang sejati adalah Jawa yang mengayomi, tempat berteduh bagi batin mereka yang terpanggang oleh terik panas kehidupan. Jawa yang sejati adalah Jawa yang sakti, ia tidak kalah oleh api kemarahan, ia kuat dan magis, mampu menyerap segala angkara dengan santun. Selamat membahas tentang Jawa, Nusantara, dan lainnya. Tidak ada kebencian dalam hati saya.

    BalasPadam
    Balasan
    1. saya suka pendapat saudara itulah yang terbaik kerana dalam diri kita manusia nusantara serba sedikit ada darah-darah jawa, minang, bugis, melayu, siam, campa, banjar, kerinci, aceh, dan berbagai lagi. Kemudian campur lagi dengan bangsa luar nusantara iaitu india, cina, rom, parsi, arab, yahudi dan eropah. Allah ciptakan berbagai bangsa untuk berkenal-kenalan dan berkasih-sayang kerana puncanya satu jua.

      Padam
    2. cuma Allah takdirkan lahir kita di tanah-tanah yang berlainan di nusantara jadi bersyukurlah kita dan hormatilah sesama manusia tidak kira apa bangsanya dan merendah-dirilah kerana itu dekat dengan takwa dan iman. Site ini, dia pinjam cerita/kajian Bapak Agong Bimo Sutedjo dan dimasukkan ke dalam Sitenya sebagai salah satu cerita Nusantara dan Melayu dengan nama Melayu Nusantara. Ini bukan bertujuan untuk mengakui hak ke atas bangsa Jawa atau tanah Jawa atau Indonesia hanya sebagai satu kebanggaan dan kajian ilmiah untuk dikongsi bersama kerana zaman ini Nusantara sudah terpecah kepada sedikit Myanmar,Bangladesh, Thailand, Laos, Vietnam , Kemboja dan Australia; dan Negara Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina, Timor Leste dan Irian Jaya. Mungkin juga Sri Lanka, Madagascar dan Taiwan. wallahuaklam.

      Padam
    3. TANPA NAMA 30 DISEMBER 2013 5:22 petang
      kabare mas?sugeng ndalu.. kulo tiang jawi malaysia..
      asal ne mbah kambah mbah lanang jowo solo-surakarta,bener.. jowo sejati itu tidak suka cari masalah dan orang yang sederhana(tak suka gadoh)..
      dan HUBUNGAN DENGAN ALAM sangat rapat,kalau ke kampung kami bersyair dan menyanyi di kebun atau sawah kerana jiwa kita tiang jawi CINTA PADA ALAM..salam sedulur yo :)

      Padam
    4. malah orang jawa tengah itu amat terkenal dengan sikap ramah,sopan,dan suka sama kaum2 serta suku lain

      Padam
    5. jawa jati dari bagian lain juga sama,sederhana(harusnya lah)

      Padam
  88. lagi2 malon ngomong gak nyambung A dijawab B, yg komen bahas peradaban dijawab bab agama ...
    jgn berlindung di balik jubah agama cuman buat tutup belang lon dan gak bisa jawab (gak bisa jawab emang sebenarnya melayu ini gak punya hak sama sekali atas peradaban jawa).... aneh liat komen malaydog yg bawa2 nama nabi sampe dajjal juga okokokoko

    BalasPadam
  89. yakjujmakjuj juga tak ngaku umat

    BalasPadam
    Balasan
    1. contoh malaydog idiot, yg gak bisa menyesuaikan apa yg ditanya dan apa yang dijawab

      Padam
  90. bab peradaban ini kena lihat dari berbagai perspektif. yang sebaiknya dilihat dan dikupas dar kacamata agama khususnya dalan konteks nusantara lebih ramai beragama Islam. Kita lihat patung bersujud orang sumeria jika tidak silap memohon simpati kepada ; hepotisis 1. bangsa yang menguasai/menakluk dan hepotisis 2. kepada Allah SWT/Tuhan memohon pertolongan. Ya mungkin ada berbagai tafsiran dari segi kuasa besar pada masa itu. dan mungkin kepada yang lebih Maha lagi iaitu Allah SWT. Kesudahannya yang memberi kekuasaan dan keagungan itu Allah SWT jua kerana itu sudah menjadi masa lalu. Patung dwipala itu pun tidak dapat membantu hanya sebagi puing-puing sejarah untuk dikaji dan dijadikan iktibar kepada yang ingin mengambil pelajaran darinya dan menambah imannya. wallahuaklam

    BalasPadam
    Balasan
    1. halah itu mah bukan namanya meneliti tapi udah kayak menduga-duga dan mengaku-ngakui, kek lo liat patung sujud trus lo hubung-hubungkann ama agama islam bahwa patung tersebut menyembah kepada allah wkwkwkw
      biarpun gue islam bukan berarti segala artefak sejarah mesti dihubung-hubungkan dengan islam kerna alasan mayoritas disini muslim ...tolol gak ketulungan lo

      Padam
    2. Betullah semua lu punya masuukkanlah dalm tembolok lu sampai kenyang dan jangan berak

      Padam
  91. tolong buat sesama orang indonesia jangan bikin malu, tunjukan kalau kita ini berpendidikan, jangan merusak persaudaraan, fikir dulu kalau bicara. Saya orang jawa indonesia asli menyambut baik ihtikad saudara kita malaysia untuk mengembangkan sejarah dan pengetahuan nusantara, semoga bermanfaat. ingat, kita ini satu nenek moyang, untuk sesama orang indonesia yang " BERPENDIDIKAN ", fikir dulu kalau bicara. mohon maaf untuk malaysia, kita orang indonesia tidak semua bodoh. by : ORANG INDONESIA

    BalasPadam
    Balasan
    1. wekekeke maling tolol kalo mau ngibul pinteran dikit ling
      gak ada orang indonesia ngomong "FIKIR" terlalu lebay untuk ukuran orang indonesia
      dan satu lagi gak bakal ada 1 pun orang jawa yang dipanggil melayu (bisa disensus satu persatu), lucu amat lu nulis satu nenek moyang , lu ngarep serumpun sama orang jawa?.... gak sudi ? dari populasi aja sudah jelas lebih banyak mana jawa atau melayu , masa mayoritas harus dipanggil minoritas, mestinya melayu yang dipanggil jawa karena jumlah mereka lebih sedikit ? ...wkwkwkkww

      Padam
  92. Jawa adalah Jawa, melayu adalah melayu. Kita berada dalam satu kesatuan, yaitu "RUMPUN NUSANTARA". Kenapa muncul istilah nusantara? Sebenarnya istilah nusantara itu baru muncul pada jaman es terakhir ketika paparan sunda (sundaland) tenggelam dan terbagi menjadi beribu-ribu pulau. Nusantara yang berarti "diantara pulau/daratan". Jadi nenek moyang kita sebenarnya sudah ditenggelamkan didasar laut. Sedangkan candi-candi dan relief yang tergambar diantaranya yang tersebar di pulau jawa itu adalah sedikit dari warisan teknologi seni desain gravis yang masih terselamatkan dari bencana besar itu dan diwariskan turun-temurun dari yang selamat dipulau jawa sampai membentuk peradaban suku bangsa jawa dari awal sampai pada saat ini.
    Itu sekedar hipotesa saya sebagai orang jawa, yang lahir dan besar menyaksikan sendiri kearifan lokal "jawa" dan turunan dari seni kebudayaan yang diwariskan nenek moyang yang masih kami jaga.
    Walaupun saya mengakui bahwa Melayu malaysia masih satu moyang dengan orang Jawa, yaitu rumpun Nusantara. Yang membedakan adalah kebudayaan inti dari kedua suku tersebut. Bisa anda bedakan secara logika anda sendiri.
    Yang menjadi kekurangan melayu malaysia adalah egoisme tata bahasa sejarah ke"Melaynesia"an yang tidak dapat memilah fakta letak bukti sejarah itu berada. Seolah semua itu di malaysiakan bukan di"Nusantara"kan.

    Salam damai untuk saudaraku malayu, serumpun Nusantara,
    Dari saya orang jawa.
    #Pekalongan, Jawa Tengah

    BalasPadam
  93. makanya gue juga aneh sekaligus lucu, kenapa tiba-tiba aja ada istilah "melayu nusantara"
    padahal nusantara sendiri berasal dari bahasa jawa kuno, dan dari awalnya aja udah bentuk tunggal yaitu "nusantara" tanpa embel-embel melayu ,

    disitu letak kerancuan dan lucunya pikran orang malaysia dalam memaknai nusantara , istilah malay archipelago ato kepulauan melayu pertama kali di populerkan oleh Alfred Russel Wallace pada abad ke-19 hingga pertengahan abad ke-20 yang menganggap wilayah kepulauan mulai dari Sumatera hingga Kepulauan Rempah-rempah (Maluku) sebagai Malay Archipelago ("Kepulauan Melayu") , sejak itu sampai sekarang di malaysia pengertian "Nusantara" bertumpang tindih dengan "Kepulauan Melayu" dan pemikiran alfred russel malah diwarisi orang-orang malaysia sekarang ini hahahhaa

    makanya gak heran seolah-olah nusantara itu oleh malaysia itu di melayukan dan apalagi ada istilah rumpun melayu yang memvonis orang indonesia adalah rumpun melayu, padahal nenek moyang nusantara adalah bangsa austronesia bukannya ras melayu yang dianggap oleh orang malaysia

    BalasPadam
  94. Bagaimana pula dgn saya ? Saya juga jawa dari muar, johor, malaysia ! ! Tapi saya bangga dengan rumpun melayu !
    Saya sekolah, tak bodoh macam sesetengah jawa di pulau jawa tu ! Bapa sy jawa, datuk sy asal magelang, jawa tengah,
    Mak sy bugis, semua jawa di malaysia mengaku melayu, juga di indo, cuma "segelintir jawa"saja yg tak mengaku melayu !
    Nak tau ? Anda fikir laa sendiri. . Satu lagi tidak ingat kah rakan2 di indonesia, yang kita dulu satu negara ! Perjanjian inggeris-
    Belanda yang membuatkan kita terpisah ! Makin terpisah ! Sadar lah bangsaku ! Tolong belajar lagi sejarah tu wak ! ! !

    BalasPadam
  95. Bagaimana pula dgn saya ? Saya juga jawa dari muar, johor, malaysia ! ! Tapi saya bangga dengan rumpun melayu !
    Saya sekolah, tak bodoh macam sesetengah jawa di pulau jawa tu ! Bapa sy jawa, datuk sy asal magelang, jawa tengah,
    Mak sy bugis, semua jawa di malaysia mengaku melayu, juga di indo, cuma "segelintir jawa"saja yg tak mengaku melayu !
    Nak tau ? Anda fikir laa sendiri. . Satu lagi tidak ingat kah rakan2 di indonesia, yang kita dulu satu negara ! Perjanjian inggeris-
    Belanda yang membuatkan kita terpisah ! Makin terpisah ! Sadar lah bangsaku ! Tolong belajar lagi sejarah tu wak ! ! !

    BalasPadam
    Balasan
    1. Pelik gak aku ngan jawa kat indon... sultan selangor n johor keturunan bugis mkasar sulawesi pon ngaku melayu..

      Padam
  96. siska zulkarnain nasution14 Februari 2014 1:12 PG

    apkch itu bnar,,,,??????
    jka itu bnar ada kmrpan dri cndi pntran dgn tenochtitlan tsb,,, tpi itu mngkin mmng sbwch keajaiban dunia yg tlh die buat olech orng yg tlh mmbwtnya,,, bknya sya tak prcya dngn adanya bkti tsb,, tpie itu bnar dngan rellief dan jga ptung" tsb saya mngkin agak prcaya dngan itu brrtie kta tdak prlu mngungkpkan lbieh jauh,,, krna mngkien itu die sengaja die buat untuk supaya itu bisa jdie sbwah sejrah yg bs di abdikan oleh msyrkat,,,,,,,,,,,


    by: siesca slaiska

    BalasPadam
  97. populasi orang jawa menyebar di seluruh dunia (suriname,kaledonia baru, belanda, malaysia, singapura) dan yg terbesar ada di Indonesia menjadikan populasi etnis jawa merupakan yg terbesar di ASEAN dan salah satu etnis terbesar di dunia dan dengan populasi yg cukup banyak menjadikan bahasa jawa paling banyak di gunakan dalam pergaulan sehari-hari berbanding bahasa indonesia.
    gak untungnya bagi jawa mengaku melayu, dipikir pake nalar aja deh ...
    1. faktor populasi
    dari 10 orang jawa diminta oleh 2 orang melayu untuk "DIJADIKAN ETNIS MELAYU" tentu aja 10 orang itu gak bakal mau disebut melayu kerna mereka menang jumlah
    2. faktor budaya
    udah jelas perbedaannya budaya jawa dan melayu itu sangat2 jauh berbeda dan apalagi dari segi kesusasteraan ...tradisi menulis pujangga2 jawa lebih awal dan lebih produktif menghasilkan kidung, babad, kakawin, prosa, puisi lebih banyak dari pujangga2 melayu sedangkan melayu baru memulai tulisan seperti sulalatus salatin, haikayat hang tuah abad 15 era malaka dan gurindam 12 ditulis abad 19 sedangkan jawa sudah menulis sastra sejak abad 6 dengan ditemukannya manuskrip2 awal berbahasa jawa kuno
    3. politik & militer
    pada saat ekspedisi pamalayu kerajaan2 melayu dah ditaklukkan oleh kerajaan2 jawa dan malaka cuman kerjaan vassal dibawah pengaruh majapahit, dengan adanya majapahit II di semenajung menjadikan semenanjug malaya dalam kontrol kekuasaan orang2 jawa
    jadi gak alasan yg kuat untuk menyebut jawa itu rumpun melayu, justru cuman segelintir org yg kepengen NEBENG ALIAS NUMPANG dengan panjang dan keagungan serta kemuliaan sejarah tanah jawa dan tiba2 aja memasukan jawa kedalam rumpun melayu yg jelas berbeda

    BalasPadam
  98. kenapa tidak dibalik.. jadi bukan orang jawa itu melayu tapi orang melayu itu jawa dengan tulisan jawi-nya..jadi "malaysia JAWA" ,"JAWA malaysia"..."melayu JAWA", "JAWA melayu"..suka yang mana tinggal pilih...?

    BalasPadam
  99. Indonesia itu mempunyai banyak suku, bangsa, budaya, bahasa, dan agama yang mungkin sangat berbeda jauh dengah malaysia yang budaya dan bahasa yang seragam. Melayu memang salah satu suku di Indonesia, jawa juga sama. Namun melayu juga merupakan bangsa di Malaysia, alangkah lebih baiknya jika malaysia menggali budaya bangsanya sendiri. Orang Jawa tentu tidak mau disebut Melayu, karna Jawa memang bukan melayu,tapi Jawa dan Melayu dapat menjadi, 1 Indonesia. dan kami orang jawa tidak benci dengan saudara kami melayu.

    BalasPadam
  100. Orang Jawa bisa jadi melayu tapi orang melayu sulit untuk jadi orang jawa, tapi yang penting bukan itu. yang penting adalah pulau pulau di indonesia, singapura malaysia india tahialan dulunya adalah satu daratan (Negeri SABA/Negeri ATLANTIS/Wilayah Kerajaan Nabi Sulaiman) dengan Pusatnya (maaf) di Jawa (Lihat Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman)

    BalasPadam
  101. Wonosobo(wanasaba)/Jawa, Sabah (malaysia) dan ?????? adalah sama sama bekas wilayah negeri SABA ===>

    13. Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang berterima kasih.

    BalasPadam
  102. okla kalau begitu beginilah mungkin yang jawa asal dari pulau ini dan yang melayu adalah campuran jawa asal dari pulau ini dengan keturunan mendatang yang banyaknya dari keturunan keturah isteri nabi ibrahim. harap ini noktahnya. yang sebenar dari Allah jua yang silap dan batil kita sebagai makhluknya jua.

    BalasPadam
  103. yang ngomong borobudur buatan nabi sulaiman = goblok
    gak jauh beda sama yang ngomong ibrahim punya istri 3 = tolol

    sama sama sesat dan menyesatkan

    BalasPadam
  104. ingat untuk saudara2 di pulau jawa jangan mengecilkan melayu karna kami di sumatra dan kalimantan adalah suku2 melayu asli dan berbeda dengan jawa jadi jangan sekali2 menghina suku melayu ingat melayu ingat sumtra dan kalimantan termasuk malaysia brunai di dalamnya

    BalasPadam
  105. sekali lagi jangan terlalu membesar2 kan jawa ingat indonesia ini ada krna bersatunya pulau sumtra kalimantan sulawesi papua dan kami di sumtra dan kalimantan adalah suku melayu asli jadi kalian org jawa jangan sampai menghina suku melayu krna akan membuat indonesia bergejolak INGAT ITU SUMTRA DAN KALIMANTAN ITU KETURUNAN MELAYU termasuk malaysia dan brunai jadi JANGAN SEKALI2 org JAWA MENGHINA MELAYU kalau sampai ini terdengar di tanah sumtra bahwa kalian orang jawa mengecilkan suku MELAYU bisa bahaya DAMPAKNYA INGAT ITU!!!!!!

    BalasPadam
  106. kalian orang jawa harus tau sejarah jangan sampai kesukuan kalian mencederai suku lainya ingat SRIWIJAYA dari sumtra selatan itu kerajaan terbesar dan terluas sebelum adanya majapahit bahkan candi borobudur itu peninggalan sriwijaya di tanah jawa!!! baru setelah itu ada kerajaan besar berikutnya yaitu majapahit di tanah jawa dan salah satu istrinya putri indrawari/dara petak ibunya jayanegara adalah putri dari kerajaan sriwijaya

    BalasPadam
  107. jadi berhati hatilah jangan terlalu membanggakan suku kalian khususnya menggagul2 kan suku jawa itu bsia jadi bumerang bagi kalian sendiri suku melayu itu dan bahasa melayu itu tersebar di mana mana mulai dari sumtra kalimantan brunai singapore malaysia pattani thailand dan suku melayu itu jika di satukan dan bersatu belum tentu lebih sedikit dari suku jawa jadi berhati2 lah kalau mau menulis atau menghina suku melayu INGAT ITU!!! kalau kalian main ke sumtra dan coba coba bicara seperti itu menghina suku melayu saya JAMIN BANGKAI KALIAN PUN TAK AKAN PULANG MAU COBA SILAHKAN TERIAK2 MENGHINA MELAYU di LAMPUNG atau PALEMBANG dan SILAHKAN DATANG UJI NYALI KALIAN DI SUMATRA

    BalasPadam
  108. sriwijaya sumtra dengan huruf palawa dan jawa dengan sangsekerta dan dahulu sriwijaya menaklukan pulau jawa sebelum jawa menaklukan pulau sumatra INGAT ITU!!!

    BalasPadam
  109. kata siapa sriwijaya pernah menaklukkan jawa?
    dalam prasasti anjuk ladang tertulis pada 937 M
    "parnnaha nikanaŋ lmah uŋwana saŋ hyaŋ prasada atêhêra jayastambha wiwit matêwêkniraŋlahakan satru nira hajjan ri malayu ( di tempat ini yang telah terpilih agar menjadi tempat didirikannya bangunan suci, sebagai pengganti tugu kemenangan, di sanalah pertamakali menandai saat ia raja mengalahkan musuhnya raja dari Malayu)."

    -dalam pamalayu 1275-1377, dharmasraya berhasil dijatuhkan , dan mahesa anabrang membawa 2 putri dharmasraya sebagai tanda takluknya (dara petak-dara jingga), kelak dara petak diperistri raden wijaya dan menurunkan jayanegara tapi status jayanegara yg sebagai keturunan melayu (bangsa taklukkan) ditambah sifatnya yg diktator digulingkan dari tahta majajapahit digantikan tribuwana tungga dewi dan dari dara jingga menurunkan adityavarman seorang pangeran majapahit yg kelak disuruh menjabat ruler of svarnabhumi mendirikan pagaruyung dibawah kendali majapahit

    -Ayah Balaputradewa bernama Samaragrawira seorang dari wangsa syailendra di bhumi mataram sedangkan ibunya bernama Dewi Tara putri Sri Dharmasetu dari Wangsa Soma di sriwijaya, syailendra wangsa asli dari pulau Jawa tetapi mendapatkan pengaruh kuat di Sriwijaya akibat mengungsinya balaputra dewa yang kalah oleh wangsa sanjaya di bhumi mataram,.Sriwijaya takkan menjadi besar dan kuat tanpa adanya seorang bernama balaputradewa seorang pangeran jawa yang melarikan diri kerna kalah dalam politik di jawa oleh wangsa sanjaya dan pergi ke sriwijaya (negeri asal ibunya yg seorang wangsa soma)

    BalasPadam
    Balasan
    1. Mas.. jika ingin becara tentang semua sejarah indonesia, saya lebih ekstrim mengatakan : Sejarah Melayu Minang Sebagai Missing Link sejarah Nasional Indonesia dan Awal pembentukan Nusantara. Maaf kepada anda, bukti, data dan fakta yang di sajikan berasal dari kilasan sejarah yang nota bene digubah pada zaman soeharto ! Saya Melayu Minang dan saya katakan Nusantara adalah Melayu ! kecuali ras yang menempati sebagian bumi nusantara dengan jejak DNA berbeda ( pendatang termasuk Tionghoa, semua yang berasal dari timur tengah dsb ) saya cuma mengajukan 1 buah pertanyaan : Apa hubungan Tuanku Katamanggungan dengan gelarnya Si Ganto Alam dengan Sigentar Alam ? see... terlalu bayak misteri yang belum tersibak ... dan mohon edukasi saya untuk permasalahan Minang Tengah dan hubungannya dengan Kerajaan Kandis jambi serta Goa dan Kutai. Sahabat, Nusantara lebih besar dan jauh melebihi yang kita sama ketahui .. Kenapa saya harus menuruti semua kajian sejarah yang nota bene selalu "diluruskan" oleh rezim soeharto ??? Kami Melayu Miang punya Tambo .. jauh lebih tua dari pada yang ada pada kebudayaan jawa kuno ! definisikan Kekuasaan Sipil tanpa tentara... tentunya sebuah kebudayaan yang jauh lebih maju bahkan dari sekarang.. saya bicara kebudayaan .. bukan teknologi. Saya pun adalah Melayu Rejang yang nota bene juga mempunyai AKSARA yang di akui dunia. DFan sangat kental dengan Melayu Minang kerena mempunyai " Rejang Empat Petulai". Mohon edukasi saya jika memang apa yang saya sampaikan salah. kepada Sahabat serumpun di Malaysia, saya salut ada orang Malaysia yang mau membahas semua debat kusir tidak berkesudahan yang akhirnya di masuki oleh petualang2 sejarah picisan yang mengaku2 Ras besar padahal hanya mengira - ngira ! Kepada Saudara Serumpu dan SEMUA masyarakat Melayu se NUSANTARA, saya tolak perkataan semua tentang jawa bukan melayu ! MELAYU itu RAS sementara JAWA adalah SUKU.. anda tidak mau jadi dikatakan MELAYU. Pergi dari bumi NUSANTARA ini !! Kurang puas ? silahkan balas komen saya. Loe cuma bisa ribut ... sementara faktanya Melayu tetap Melayu dan Loe cuma ngelucu !

      Padam
    2. ngomong kosong aja.kalau suda ada melayu itu adalah bangsa,mengapa dikatain semua suku di bawah melayu. omong kosong saja tahunya.lebih baik kamu katakan aja NUSANTARA itu RAS dan setiap bangsa di dalamnya itu suku termasuk Melayu.JAWA itu ada sukunya dan melayu itu juga ada sukunya jadi tidak heranla mengapa jawa mengatakan mereka bukan Melayu.kok masih x paham-paham lagi.

      Padam
    3. berapa jumlah melayu di nusantara
      yg harus pergi ya adalah kalian ...minoritas sok nantang-nantangin mayoritas ... silakan dicek dalam 10 bahasa paling banyak dipakai di dunia ...ada enggak bahasa melayu disitu?

      Padam
    4. kalau kami mau bisa dihabisi orang-orang malaysia sampe benar-benar terusir dari
      adat di dunia yg kuat dia yang berkuasa dan kalah harus terusir

      kalau kami mau dan mempunyai alasan kuat untuk menghabisi malaysia bisa dengan mudah kami luluh lantakkan malaysia ...tanahnya akan kami ambil paksa...seperti nasib bani israel berkelana ke berbagai pelosok dunia karena kalah perang dan yg terusir dari negara

      selama ada jawa , jadi jangan coba-coba buat bermain wacana dengan MENGKLAIM semua nusantara itu melayu

      Padam
  110. memang pun sangat tidak pantas dan patut dipertanyakan pengangkatan jayanegara sebagai raja pengganti raden wijaya di majapahit

    status ibunya (dara petak) sebagai putri persembahan kepada kertanegara salah satu faktornya (bukan seorang anggota wangsa rajasa, hanya putri persembahan dari sebuah kerajaan yg takluk)
    disamping itu jayanegara atau kalagemet tidak mempunyai darah langsung dari wangsa rajasa keturunan langsung dari ken arok-ken dedes, patut tahta raja ke 3 jatuh kee Tribhuwan tunggadewi putri dari Gayatri seorang berdarah murni keturunan langsung ken arok-ken dedes
    sejarah mencatat di bawah pemerintahan kalagemet majapahit banyak pemberontakan akibat sifatnya yg angkara murka

    BalasPadam
  111. kenyataan itu emang pahit kan, sepahit apapun mesti kalian terima, keagungungan jawa di masa lalu memang dengan penaklukkan dan itu memang kenyataannya

    jangankan jawa , semua sejarah bangsa di manapun di pelosok dunia ...keagungan suatu bangsa ditentukan dengan luas wilayah yg ditaklukkannya, jadi kalau lo tersinggung itu masalah loe dan sejarah loe


    BalasPadam
  112. gw lahir di INDONESIA,negara dengan sejarah panjang dan keagungan warisan dari nenek moyang gw, Dengan kearifan lokalnya yang jutaan banyaknya, tanah yang indah dan lautan menawan,gGw CINTA Indonesia lahir bathin meskipun kadang gw sebagai Kristen dianggap kafir di negara ini,whatever,tp gw punya ribuan kawan yang tidak melihat gw dari latar belakang SARA. Darah gw INDONESIA,ribuan suku di dalamnya,melayu salah satunya,Gw Batak sekop kecilnya,tp diluar sana gw dikenal sebagai orang INDONESIA pemilik Pusaka Dunia.Gw BUKAN Melayu, gw gak benci Melayu.

    BalasPadam
  113. JAWA YA JAWA ----------------MELAYU YA MELAYU ---------KALIMATNYA SAJA SUDAH LAIN / BEDA--------------APALAGI YANG DISAMAKAN -------TIDAK SAMAKAN ?????????????????????!!!!

    BalasPadam
    Balasan
    1. kesian mas.. pengen numpang tenar si maling.

      yo wez ben ae

      Padam
  114. wahe malayu & jawa tolol
    orang asia tenggara itu anak cucu nhyang Noh yg masih pekat berdarah Noh..
    bagi ku hanya saja bahasanya yg berbeda budayanya banyak berkongsi persamaan karana sememangnya kita ini satu leluhur...sama aja kisahnya seperti orang cina yang byk bahasa tapi orangnya sama aja..

    kalo kamu ingin berpecah silakan aja tapi aku ta akan mengaku kamu sedarah dgn aku baik kamu malayu ato jawaka

    BalasPadam
  115. enak2 aja cakap orang lain kafir. kafir,kafir,kafir.lo nda cukup dan puas sebut non muslim itu kafir,sampai saudara seislam sendiri dikatakan kafir.memang dasar munafik dan kurang ajar lebih teruk dari kafir kalian.sekurang-kuranya kafir itu lebih mulia dari orang munafik.Selagi kita masih didunia tidak ada kebenaranya jadi jangan claim bahawa agama kalian itu benar dan agama lain itu salah.mati aja belum pernah dan kesurga atau keneraka aja belum pernah tapi ngomongnya bukan main mengalahkan pencipta.keturunan siapa pun kita selagi orang yang berdosa tetap di cop sebagai orang yang berdosa.Diri sendiri aja berdosa kini mengatakan orang lain yang juga berdosa sebagai salah.ngomongnya saja mengalahkan alam semesta tapi sumbangan nya kepada masyarakat dan dunia langsung kosong.dikatain israil dan eropah itu bangsa kafir tetapi enak aja mengunakan barangan dan teknologi kafir.munafik sungguh kalian.sekurang-kurangnya bangsa kafir dapat pahala membantu kalian dipermudahkan dalam kehidupan harian kalian walaupun dengan izin pencipta.dari segi teknologi aja uda disedekahkan oleh bangsa kafir tapi enak aja maki hamun golongan ini.kalau benar pun pencipta mengilhamkan ilmu dan pengetahuan tersebut kepada bangsa ini,tapi persoalan nya kenapa kepada orang2 kafir ini? mengapa bukan orang islam yang kalian anggap mulia dan aggung? kalian hanya tahu menyalahkan orang lain saja atas kesalahan diri.Tidak cukup dikata non muslim itu kafir,dicop pula segama dgn nya sebagai kafir dasar kurang ajar dan huru hara aja.kalau non muslim itu agamanya macam kalian mampus lo dikerjain.Nasib2 aja dalam bible yesus mengatakan "kasihi musuhmu" bagaimana kalau diakatakan "perangi sesiapa saja yang tidak mengaku aku sebagai juruselamat umat manusia" mesti mampus lo sejak awal lagi dikerjain.itu pun masih lagi tidak berterima kasih dengan jesus malah dikatain lagi dajal dasar munafik dan kurang ajar.tidak cukup kafir diperangi kini saudara seiman nya sendiri didajalkan dan dikafir kan.

    BalasPadam
  116. ades! apa la sempit sangat pemikiran kalian pasal jawa dgn melayu pun mahu gaduh..... engkau jawa ka, batak ka, melayu ka, bugis ka, banjar ka, suluk ka.... kita ni serumpun! apa yg maling ni? apa kamu yg dicuri? harta kamu? atau hak kamu untuk bermain?

    BalasPadam
  117. #alangkah anehnya...
    #apakah persoalan Jowo opo Melayu itu...
    #mampu menjadi medan pertempuran??

    #hehehehehehe..

    BalasPadam
  118. #seperti anak2 yg berebutkan permanent!
    #alangkah lucunya sikap n pemikiran!
    #sedangkan semuanya juga berasal dri Adam as..

    BalasPadam
  119. #bagi saya ABAIkan sahaja sikap mereka..
    #teruskan berkarya utk kita (sesiapa yg berminat)
    lebih memahami "asal kita"...
    #sudah me jadi lumrah... setiap perkara ada Pro n Kon..
    #yg penting kita Jujur n Ikhlas dlm berkarya n
    mampu berkomentar dgn kepala dingin..
    TQ... kredit utk tn blog juga sumber ambilannya!!

    BalasPadam
  120. Sdh lah jgn rame. Tanpa org madura, raja jawa dipenggal sama mongol dan gak ada babat alas hutan tarik bakal majapahit. Satu nusa satu bangsa satu bahasa. Gak ada jawa gak ada sunda gak ada madura gak bali dan gak ada suku lainnya, yg ada indonesia... Dasar produk penjajah...

    BalasPadam
  121. Ulasan ini telah dialihkan keluar oleh pengarang.

    BalasPadam
  122. jowo ya jowo ae.. ora melayu ling..(**malingsya)

    kalau bahas majapahit-sriwijaya-gunung padang jgn bawa melayu ling. katakan itu indonesia

    BalasPadam
  123. Kat dlm nie ada Hindu,Muslim,Christian,Jewish yg sembah Allah swt...wooWWW!!!!

    ~LOVE~

    BalasPadam
  124. Walau apa pun yang kamu semua kisahkan mengenai MELAYU, pasti akan ada pihak yang tidak akan berpuashati. Akan menuduh dan memperlekehkan ikut suka hati je. Apalagi jika berbahas mengenai MELAYU dan JAWA. yang jumud memandang hanya dua negara, Malaysia dan Indonesia. Jawa sejati yang akan menerima pengkisahan Melayu dan akan memberi komen dan pendapat yang membina.

    TETAPI NYATA yang diketahui dalam kesumat Orang Jawa amat membenci Orang Melayu, terutamanya pada Orang Melayu Melaka. Mati-mati mereka tidak mahu dikaitkan langsung dengan Melayu. Tidakkah kamu semua tahu kisah pertarungan antara Hang Tuah Dan Taming Sari di Majapahit? Kisah tentang Puterinya dan tidakkah kamu tahu atau kenal ciri Patih Karma Wijaya?

    Semenjak itu kisah memburukkan Orang Melayu banyak direka dan ditanamkan kedalam otak benak anak cucu Orang Jawa. Hanya Orang Jawa yang mengenal jatidirinya dan mengetahui kisah yang BENAR sahaja akan menerima kisah MELAYU itu.

    Sici, Loro, Telu, Papat
    Jawa Bodoh, Melayu Dapat.

    Pantun 2 kerat yang menjadi kemarahan yang amat sangat pada Orang Jawa.
    Mudah sahaja kan, kenapa dan mengapa kebencian itu membuak2.

    Tiap.tiap bangsa didunia hari ini mahu bangsanya diagungkan atau bangsanya yang terbaik di alam maya sejak dulu hingga kini. Pantang kalau bangsanya dihina dan di caci, pasti akan bangkit memberontak dengan apa jua cara.

    HAK TETAP HAK, YANG BATIL PASTI BINASA.

    Fikirkanlah jika kamu orang yang berfikir.


    BalasPadam